blank
Owner Jamu Mbok Kem yaitu Rini Nur Hayati sebagai narasumber

JEPARA (SUARABARU.ID)- Sebanyak 287 siswa kelas VII SMP N 1 Mayong ikut serta dalam kegiatan yang menggandeng salah satu orang tua siswa selaku owner Jamu Mbok Kem yaitu  Rini Nur Hayati sebagai narasumber, Kamis (19/10)

Kegiatan yang diselenggarakan di lapangan indoor SMP  ini merupakan rangkaian dari kegiatan proyek menguatan profil pelajar Pancasila (P5) pada tema “Kewirausahaan” dengan topik WIRA NETRA (kewirausahaan kuliner tradisional). Kegiatan ini merupakan kegiatan proyek tema ke-2 di kelas VII pada tahun ajaran 2023/2024.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mayong Rofi’i, S.Pd., M.Pddalam sambutannya memberikan motivasi dan pentingnya semangat siswa. Ia mengimbangi jargon dalam salah satu produk jamu Mbok Kem ‘Jamuku tak sepahit masa lalumu guess’, dengan pantun yang disambut meriah oleh siswa: “Pagi-pagi makan buah delima, pohon delima dekat pohon palem, pagi ini kita melaksanakan P5, dengan pelatihan bersama Mbok Kem”.

Pada akhir sambutan, kepala sekolah juga mengingatkan siswa bahwa dalam proyek ini akan ada tahap penilaian yang dilalui, sehingga siswa harus melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Antusiasme siswa terlihat saat uji rasa pada demonstrasi salah satu resep minuman tradisional yang dipraktikkan oleh Rini Nur Hayati.

“Memulai dan menjalani wirausaha bukanlah hal yang mudah, bukan sekadar bisa gajian setiap hari seperti yang terlihat oleh orang lain, namun ada proses yang membutuhkan usaha dan kerja sama yang solid untuk mewujudkan sebuah produk,” terangnya

Hal ini sesuai dengan target dari proyek WIRA NETRA dalam menguatkan 2 subelemen dari dimensi bergotong royong, yakni kerjasama dan koordinasi sosial siswa.

“Selain itu, 2 subelemen lain dari dimensi kreatif yang ingin dikuatkan melalui proyek ini juga dapat dilakukan melalui tahapan yang ada dalam proses berwirausaha, mulai dari pemilihan jenis produk yang akan dibuat, penentuan bahan pada produk tersebut, pelaksanaan produksi, uji rasa, pengemasan, dan pelabelan” imbuh Aries Anisa selaku urusan kurikulum SMP Negeri 1 Mayong.

Mbok Kem diundang sebagai narasamber untuk menjalin hubungan kerja sama yang solid dengan orang tua siswa selaku mitra dalam melaksanakan program dan kegiatan di sekolah.

Hadepe Aries Anisah