Panitia dan kontingen Mapsi SMP Kabupaten Jepara saat beraudiensi dengan Pj. Bupati Jepara yang diwaliki Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Hasanuddin Hermawan

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 965 siswa dari 35 kabupaten/kota, mengikuti lomba Mata Pelajaran dan Seni Islami (Mapsi) ke-12 jenjang SMP tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berlangsung di Jepara, kegiatan ini rencananya akan dibuka Penjabat (Pj.) Bupati Edy Supriyanta di Gedung Wanita R.A. Kartini, Jumat siang (20/10/2023) ini.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza melalui Subkor Pengendalian Mutu SMP Wuriyanto mengatakan, tahun ini Kabupaten Jepara mendapat giliran menjadi tuan rumah. “Akan dilaksanakan mulai tanggal 20 sampai 21 Oktober 2023 di Gedung Wanita dan SMA Negeri 1 Jepara,” katanya.

Terdapat 12 cabang dan kategori lomba, yang secara umum merupakan cabang perorangan, kecuali cerdas cermat Islami (CCI) dan rebana. Pembukaan dilanjutkan cabang rebana dan penutupan dilaksanakan di Gedung Wanita. Sedangkan cabang yang lain di SMA Negeri 1 Jepara.

Rapat bersama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara, MGMP PAI Provinsi Jawa Tengah, MGMP PAI Kabupaten Jepara

Juri masing-masing lomba memilih juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3. Khusus rebana, ditambah aransemen musik terbaik dan vokal terbaik. Pemenang akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan dengan total sebesar Rp55 juta.

Selain 965 peserta, ada 420 pendamping resmi. Kelompok Karawitan Cahya Mudha Laras dari SMPN 1 Jepara akan memeriahkan acara pembukaan ditambah dengan tari gambyong dengan penampilan islami. Selain itu, SMP Negeri 1 Pecangaan akan memeriahkan dengan menampilkan tari Manja (Saman dan Japin).

Hadepe