Pemian diaspora Timnas U17 keturunan Jerman Kebumen Amar Rayhan Brkic merayakan golnya saat uji coba di Jerman.(Foto:SB/Instagram Amar)

KEBUMEN (SUARABARU.ID ) – Pelatih Kepala Timnas U17 Bima Sakti Tukiman tentu patut berterima kasih kepada pemain daspora terbaru yang dikabarkan berdarah Jerman dan ibunya Kebumen.

Pemain 16 tahun itu bernama Amar Rayhan Brkic. Hebatnya, meski baru masuk TC di Jerman , pemain diaspora Amar Rayhan Brkic ini menjadi pahlawan Timnas Indonesia U-17 karena terhindar dari kekalahan dalam uji coba menjelang gelaran Piala Dunia di Indonesia.

Golnya di menit ke 90 membuat Timnas U17 terhindar dari kekalahan sekaligus menahan SV Meppen. Tentu dengan suka cita Amar merayakan golnya. Ia juga memerkan beberapa foto momentum berseragam Timnas, usai mencetak  golnya melalui Instagram pribadinya.

“Sangat senang perasaan saya seusai cetak gol perdana bagi Timnas Indonesia U-17,”ucap Amar Rahyan Brkick,disadur dari laman PSSI, Rabu (18/10).

Timnas Indonesia U17 menghadapi SV Meppen U17 di Lapangan SV Hemsen, Meppen, Jerman, Selasa (17/10)malam, waktu setempat. SV Meppen unggul 1-0 duluan pada menit ke-80 yang dicetak salah satu pemainnya dengan tendangan dari luar kotak penalti.

Saat Timnas U-17 nampak bakal kalah, Amar tampil sebagai penyelamat. Ia mencetak gol setelah laga memasuki menit ke-90 untuk mengubah skor menjadi 1-1 yang bertahan sampai laga berakhir.

Kabar Membahagiakan dan Bisa Memotivasi

Ketua Harian Asosasi Kabupaten (Askab) PSSI Kebumen Restu Gunawan menyatakan, jika benar Amar Rayhan berdarah Kebumen ikut seleksi Timnas U17, tentu kabar yang membahagiakan dan patut diapresiasi. Dia pun akan melacak identitas orang tua atau ibu pemainTimnas U17 tersebut.

“Ini kabar baik dan jika nanti bisa lolos masuk Timnas U17 pada Piala Dunia, tentu akan memotivasi para pemain bola muda Kebumen. Kami juga baru melepas pemain muda asal Karanganyar lolos seleksi ke PSIS, Fafa namanya,”Jelas Restu, Kamis (19/10) sore.

Amar Rayhan Brkic merupakan pemain berusia 16 tahun yang lahir di Frankfurt am Main, Jerman pada 11 Juni 2007. Ia bermain sebagai sayap kanan di TSG Hoffenheim U-17.

Sebelumnya ia mengawali karier di SG Red-White Franfurt Youth pada 2022 dan Kickers Offenbach Youth. Baru pada 2023, Amar bergabung ke TSG Hoffenheim.

Menurut Transfermarkt, ia sudah mencetak 2 gol untik Hoffenheim musim ini di Liga U-17. Menariknya, Amar dikabarkan memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Kebumen, Jawa Tengah.

Timnas U-17 Indonesia saat ini masih berada di Jerman untuk menggelar pemusatan latihan (TC).TC itu digelar sebagai persiapan untuk bertanding di Piala Dunia U-17 2023. Masih ada satu pertandingan uji coba dijalani Timnas U17.

Komper Wardopo