blank

JEPARA (SUARABARU.ID). Bagi dunia pendidikan, teknologi digital memberikan manfaat dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan berkreasi dan berinovasi agar proses pembelajaran lebih menarik dan beragam. Unisnu hadir dalam kegiatan pengabdian masyarakat mengenalkan media berbantuan Smart Apps Creator (SAC). “Aplikasi ini memberikan pengalaman bagi siswa agar kualitas pembelajaran meningkat, memiliki kompetensi digital, metode pembelajaran menjadi kaya, proses pembelajaran menjadi lebih cepat, efisien, dan hasilnya mempunyai nilai kebaruan,” ujar Aliva Rosdiana, S.S., M.Pd dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unisnu Jepara.

blank
Pelatihan pembuatan media Smart Apps Creator (SAC)

Tim pengabdi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara terdiri atas Aliva Rosdiana, S.S., M.Pd. dosen Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Aan Widiyanto, M.Pd. dosen PGSD, dan tim mahasiswa, yaitu Nurul Nisah (PGSD), Lola Aulia Putri (PGSD), dan Muhammad Najih Al Azizi (PBI). Mereka berkolaborasi antara dosen dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) kepada guru SD N 2 Pekalongan Jepara dalam pembuatan media berbantuan Smart Apps Creator (SAC) dalam mewujudkan Pembelajaran Inovatif pada hari Selasa (17/10-2023) di SDN 2 Pekalongan Jepara.

blank
Pendampingan dan evaluasi pengabdian kolaborasi bersama mahasiswa Unisnu

Aan Widiyono, M.Pd. dosen PGSD Unisnu memberikan praktik langsung penerapan aplikasi SAC bagi guru dengan dibantu mahasiswa. Ide guru berkreasi membuat aplikasi SAC ini menggunakan sistem online dalam pengisian kontennya. Tak hanya konten materi, gambar saja yang bisa dimasukkan tapi juga konten multimedia lain seperti audio, cideo, dan soal latihan berbasis game. “Ada teknik tertentu saat kita menambahkan interaksi slide ke slide selanjutnya dalam pembuatan media pembelajaran berbasis SAC ini,” katanya. Dalam pembuatannya, SAC yang sudah dibuat berupa Ahl dapat dipelajari melalui android berupa Apk, imbuhnya.

Sutrismiyati, S.Pd.SD Kepala Sekolah SDN 2 Pekalongan Jepara diwakili Abdul Latif, S.Pd. menyampaikan kebutuhan guru atas kebaruan pembelajaran seiring dengan teknologi di abad 21. “Demi memajukan dunia pendidikan, kami para guru sangat senang dengan penawaran pembelajaran yang memberikan solusi media pembelajaran yang menarik agar anak-anak semangat belajar,” ungkapnya.

Ua