blank
Api kebakaran hutan di Gunung Salam, Sempukerep, Sidoharjo, Wonogiri, cepat berkobar meluas karena ada tiupan angin, dan kondisi di lokasi yang serba kering karena kemarau puncak.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kebakaran terjadi di kawasan hutan Gunung Salam, Dusun Salam, Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Dalam musibah ini, seorang relawan siaga bencana, Agus Sugiyarto (36), meninggal di lokasi saat ikut melakukan tugas pemadaman.

Informasi dari lokasi kejadian, menyebutkan, pria kelahiran Wonogiri Tanggal 30 Mei 1987 tersebut, disebutkan saat di lokasi Hutan Gunung Salam, mendadak mengalami napas terengah-engah. Itu terjadi, setelah relawan yang punya dedikasi tinggi tersebut, kelihatan menderita kelelahan dan kemudian terjatuh ke tebing lereng berkedalaman sekitar 2 Meter (M).

Kapolres Wonogiri AKBP Andi M Indra Waspada Amirullah melalui Kasi Humas Polres AKP Anom Prabowo dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Trias Budiono, Rabu (18/10), menyatakan, kejadian tersebut berlangsung Selasa malam (17/10) sekitar Pukul 22.10. Korban adalah warga Dusun Karang Wuluh, Desa Sempukerep, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri.

Pemicu kematiannya, karena mengalami kecelakaan dalam bekerja, saat ikut bergabung dalam Tim Gabungan yang Selasa malam (17/10) secara bersama-sama melaksanakan tugas pemadaman kebakaran di Hutan Gunung Salam.

Untuk pemadaman, awalnya yang ke lokasi adalah Tim 1 beranggotakan sebanyak 30 orang. Mereka, terdiri atas relawan dari Tim Reaksi Cepat (TRC) Resi Giri, Polri dan personel TNI bersama perangkat desa dan warga masyarakat.

Kelelahan

Berselang sekitar 1 jam kemudian, berangkat Tim 2 berjumlah 28 orang, terdiri atas relawan yang salah satu diantaranya adalah korban, bersama warga termasuk Saksi Purwanto dan Bayu Tri Haryanto. Saat perjalanan menaiki tebing gunung, korban terlihat berjalan melambat dan sesekali istirahat, dengan menyandarkan badannya ke pohon tegakan tanaman hutan.

Tidak lama kemudian, korban terjatuh ke lereng tebing gunung ke arah jurang dengan kedalaman sekitar 2 Meter. Saksi Purwanto dan Bayu bersama anggota Tim-2, segera memberikan pertolongan. Korban kemudian ditandu untuk dikirim ke Klinik Kesehatan di Kecamatan Jatiroto.

Tapi petugas medis yang memeriksanya, mendapati korban sudah tidak bernapas. Selanjutnya korban dibawa pulang ke rumahnya, dan diperiksa oleh petugas medis dari Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sidoharjo. Hasil pemeriksaan, menyebutkan, korban telah meninggal.

Pemicu kematiannya, diduga karena mengalami kelelahan tapi yang bersangkutan tetap memaksakan diri ikut Tim Gabungan, dalam upaya memadamkan kebakaran di Hutan Gunung Salam. Para relawan menyatakan kehilangan atas meninggalnya Agus. Karena semasa hidupnya, dia penuh dedikasi dan tanpa kenal lelah, setiap ikut melakukan tugas kemanusiaan penanganan bencana.
Bambang Pur