Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi USM memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk membangun jiwa usaha kreatif serta inovatif melalui kewirausahaan kepada sepuluh pelaku UMKM di Dinar Mas Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada 16 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat dosen Fakultas Ekonomi USM memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk membangun jiwa usaha kreatif serta inovatif melalui kewirausahaan kepada sepuluh pelaku UMKM di Dinar Mas Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang pada 16 Oktober 2023.

Tim PkM USM terdiri atas Emaya SE., MM, Dr. Adijati Utaminingsih SE., dan Drs Witjaksono SE., MM.

Menurut Emaya, materi yang diberikan adalah membangun jiwa kreatif dan inovatif dengan kewirausahaan yang unggul serta pelatihan kreativitas pembuatan baki lamaran dan pelatihan membuat desain kemasan nasi kotak yang menarik.

Peserta terdiri ataas pelaku usaha catering, usaha minuman kekinian, snack ringan, dan toko kelontong mendapatkan pengetahuan tentang cara menumbuhkan kreativitas dan inovasi pada usahanya dan meningkatkan keunggulan usahanya melalui daya tarik yang membedakan pada desain kemasan serta kreativitas membuat baki lamaran yang kekinian.

”Para peserta antusias menerima materi dan banyak pertanyaan yang muncul dalam proses kegiatan ini. Kegiatan ini membuka wawasan dan menambah pemahaman tentang jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan ketangguhan dan keunggulan usaha. Hasil akhirnya keuntungan usaha yang berkelanjutan serta pendapatan dan kesejahteraan sosial keluarga yang meningkat,” ungkapnya.

Dia berharap, sosialisasi dan pelatihan ini dapat meningkatkan jiwa kreatif dan inovatif pelaku usaha UMKM dan menjadi pelaku usaha yang unggul.

Muhaimin