blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi melakukan pengecekan kendaraan dalam kegiatan apel gelar pasukan OMB Candi 2023. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam pengamanan rangkaian Pemilu 2023-2024, Polda Jateng menggelar apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata (OMB) Candi 2023 di Lapangan Parade Kodam IV/Diponegoro, Rabu (18/10/2023).

Dalam apel gelar pasukan diikuti personil gabungan dari Polri, TNI hingga Pemerintah Provinsi Jateng. Dalam apel, petugas gabungan menyiagakan berbagai kelengkapan sarana untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pengamanan.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, operasi ini digelar terpusat dari Markas Besar hingga ke tingkat satuan wilayah. Operasi berlangsung sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 yang melibatkan hampir 22.000 orang personel, baik personel Polda hingga tingkat Polres, dibantu gabungan dari TNI dan Pemerintah Daerah.

Jumlah itu, kata Kapolda, disebar ke 117.000 tempat pemungutan suara (TPS) baik yang berkategori kurang rawan, rawan hingga sangat rawan.

“Kita telah melakukan pemetaan kualifikasi sangat rawan ada 292 TPS, rawan 760 TPS, dan kurang rawan 116 ribu TPS,” jelasnya.

Luthfi mengatakan, Polda Jateng telah melakukan kegiatan-kegiatan kepolisian (untuk pengamanan), pengamanan VVIP, Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota), Gakkumdu (Penegak Hukum Terpadu), SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu), dan lainnya, termasuk jajaran Polres.

Terkait pengamanan dan kegiatan pengawalan, Luthfi menegaskan, Polda Jateng siap memberikan pelayanan pengawalan secara gratis.

Sementara itu Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana mengatakan, pihaknya mengapresiasi apel gelar pasukan ini, yang sudah menyiapkan berbagai instansi untuk mengamankan rangkaian Pemilu 2024.

Nana mengatakan, TNI, Polri dan pemerintah daerah siap mengamankan rangkaian Pemilu sejak 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024. Selama bertugas, dia meminta petugas gabungan untuk solid.

“Kita akan bersama-sama di lapangan, guna menjamin pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan dengan lancar, tertib dan kondusif,” kata Nana.

Ning S