Tim Penilai bersama Pemdes dan TP. PKK Petekeyan

JEPARA (SUARABARU.ID)– Dalam rangka mengikuti Lomba POSYANDU dan PHBS ( Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Tingkat Kabupaten Jepara, Posyandu Cempaka 2 desa Petekeyan telah ikuti sesi penilaian yang dilaksanakan di Paseban Agung Petekeyan pada tanggal 16 Oktober 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tahunan, H. Nuril Abdillah beserta jajaran Forkopincam Tahunan, Kapolsek Tahunan, Danramil Tahunan, Kepala Puskesmas Tahunan, Satkordikcam Tahunan, UPT dan UPTD sekecamatan Tahunan. BPD Petekeyan, ketua RT, Toga dan Tomas, kader kesehatan Desa Petekeyan.

Petinggi Petekeyan, Rohman menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim penilai Lomba POSYANDU DAN PHBS di desa Petekeyan Kampoeng Sembada Ukir. Rohman juga mengucapkan terima kasih kepada Camat Tahunan, kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Tahunan, dan jajaran Pukesmas Tahunan yang telah memberikan Kepercayaan kepada desa Petekeyan.

“Dalam lomba ini saya sampaikan terimakasih atas pelatihan dan pembinaan untuk mempersiapkan lomba. Apresiasi kepada seluruh kader kesehatan desa yg telah berjuang dalam lomba POSYANDU dan PHBS se- Kabupaten Jepara.

Ketua TP. PKK Elly Ulfiani paparkan Program ” MAMA CANTIK”

Camat Tahunan mengingatkan kepada hadirin tentang pentingnya PHBS.

“Masalah kesehatan adalah tugas kita bersama maka perlu kerja sama dan sinergitas 3 pilar Kecamatan dan ditambah sinergitas 5 pilar desa yaitu Petinggi, Babinsa, Babinkamtibmas, Bidan desa dan Tim Penggerak PKK desa, ” ujarnya

Camat Tahunan juga mengapresiasi atas kinerja kader kesehatan desa Petekeyan. Menurut Nuril Posyandu Petekeyan sangat baik dan layak menjadi juara.

Ketua Tim Dewan Juri Kabupaten Jepara Wuri Andajani, S.I.P., MM menanyakan tentang legalitas Posyandu yang harus masuk dalam perdes LKD Desa. Terhadap pertanyaan tersebut Petinggi Petekeyan menjawab bahwa Desa Petekeyan sudah memiliki Perdes LKD yang menyatakan POSYANDU sudah masuk dalam Kelembagaan Desa.

Elly Ulfiani, Ketua TP. PKK desa Petekeyan memaparkan tentang inovasi kesehatan desa Petekeyan dalam upaya pencegahan stunting dengan gerakan Pencegahan Stunting(GPS) dengan Program “MAMA CANTIK” dan program PHBS “GO GREEN”.

Inovasi tersebut menurut Elly bertujuan untuk memastikan layanan kesehatan di desa Petekeyan semakin baik dan masyarakat semakin sadar dengan prilaku hidup bersih dan sehat,

Di akhir paparannya Bu Inggi mengharapkan agar dewan juri memberikan hasil yang baik kepada petekeyan dengan pantun, “Makan Durian di meja Makan Suara merdu menjadikan kesyahduan Dewan Juri yang budiman Juara Satu Bisakan Petekeyan.”

Kegiatan dalam Rangka Pelaksanaan Lomba Posyandu dan PHBS Se-Kabupaten Jepara Posyandu Cempaka 2 Desa Petekeyan

Dalam penilaian Posyandu dan PBHS juga disajikan Tari Gambyong dari Kader Posyandu Remaja Desa Petekeyan, Tari Gundul-gundul Pacul dari POS PAUD NAFA JELITA Petekeyan, dan Senam Germas dari Kader kesehatan Desa Petekeyan.

Hadepe – Sub