blank
ilustrasi presentasi jadi lebih menarik. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mendengar kata PPT atau PowerPoint sudah tidak asing lagi di telinga kita. PowerPoint merupakan sebuah program komputer yang digunakan oleh banyak kalangan sebagai medium presentasi.

Fungsi utama PowerPoint adalah untuk membuat presentasi multimedia yang menarik dengan menggunakan slide, teks, gambar, grafik, video, dan suara.

Penggunaan PowerPoint yang interaktif dapat membantu seorang tenaga pengajar untuk memaparkan materi kepada peserta dengan lebih mudah sehingga transformasi ilmu pengetahuan dapat berjalan dengan lebih baik dan lancar.

Baca Juga: Sering Kesal Karena Hal Ini? Yuk Simak Lima Tips Cepat Mengembalikan Warna Kuku yang Menguning

Tentunya kamu pasti tidak ingin jika presentasimu tampak membosankan dan tidak keren. Itulah sebabnya selain perlu persiapan matang terkait penyampaian materi, ada beberapa hal penting yang harus ada dalam tampilan PowerPointmu untuk menarik perhatian bagi audiens. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Penggunaan font yang menarik dan dapat dibaca

Sebagai presenter, penting sekali dalam memilih font. Hal ini juga akan memengaruhi tampilan slide menjadi menarik. Pilihlah font yang mudah dibaca serta ukuran tulisan yang pas sehingga informasi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami oleh audiens.

Selain itu, agar tampilan PowerPoint semakin menarik dan tidak membosankan, kamu bisa mencoba beberapa gaya font seperti Bebas Neue, Korolev, Lobster Two, dan lain sebagainya. Namun perlu diperhatikan ukuran yang digunakan, ya. Jangan sampai ukuran font terlalu kecil dan juga terlalu besar.

Baca Juga: Ini 4 Tips Tetap Sehat Saat Cuaca Panas yang Ekstrem

2. Kombinasi warna

Tak hanya font saja yang perlu diperhatikan, kombinasi warna dalam desain slide PowerPoint juga perlu dipertimbangkan. Agar slide tampak elegan, kamu perlu menghindari warna yang terlalu mencolok. Warna yang mencolok bisa membuat mata lelah lantaran terlalu silau.

Ada baiknya untuk memilih memadukan warna yang sesuai tema materi dengan keserasian antara background serta tulisan, sehingga enak untuk dilihat. Itulah sebabnya, kamu perlu memilih tema slide yang bagus sehingga memiliki kesinambungan.

3. Sisipkan gambar yang menarik

Gambar berfungsi untuk memberikan visualisasi terkait materi yang sedang dibahas. Kamu bisa menyisipkan gambar untuk memperkuat pesan namun tetap berpegangan pada materi yang sesuai.

Baca Juga:Tips Menjadikan Bangun Pagi Sebagai Sebuah Kebiasaan

Gunakan gambar yang berkualitas dan juga hindari gambar yang telah umum digunakan. Namun pastikan agar gambar tersebut tidak membuat audiens kesulitan dalam membaca.

4. Tulis inti yang disampaikan

Presentasimu dikatakan sukses apabila pesan atau isi bisa dipahami dengan baik oleh audiens. Itulah sebabnya kamu perlu menghindari menulis banyak teks dalam slide PowerPointmu. Pilih teks mencakup point penting dari materi yang sedang dibahas.

Itulah sebabnya sebagai presenter, kamu perlu aktif untuk berbicara sehingga membuat audiens tertarik mendengarkan, dibandingkan berpaku pada teks yang telah terpampang di slide PowerPoint. Dengan begitu kamu bisa meminimalisir jumlah slide.

Itulah beberapa hal yang membuat tampilan PowerPointmu semakin keren. Semoga bermanfaat.

Claudia