Watu Layar, erat dengan legenda Dampo Awang saat melawan Sunan Bonang. Foto: Aninda Eka Rahayu

KABUPATEN Rembang mempunyai banyak pilihan destinasi wisata. Selain pantai–pantai yang indah, juga terdapat destinasi wisata yang tak kalah indahnya yaitu Watu Layar Bonang. Wisata ini cocok didatangi anak muda yang suka berbaur dengan alam.

Watu Layar erat kaitannya dengan legenda Sunan Bonang. Berdasarkan cerita, Watu Layar berasal dari kapal Dampo Awang yang terlempar saat melawan Sunan Bonang. Di balik ceritanya yang menarik, tempat tersebut menyimpan keindahan alam yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata.

Watu Layar Bonang terletak di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Akses menuju wisata ini sangat mudah, karena pintu masuknya berhadapan dengan Jalan Raya Pantura Rembang–Tuban. Jika ditempuh dari pusat Kota Rembang dapat memakan waktu sekitar 45 menit.

Wisata ini mempunyai pesona pemandangan alam hijau yang indah. Watu Layar Bonang dikelola oleh KPH Kebonharjo. Tak heran jika datang ke tempat tersebut anda dapat menemukan pohon–pohon berukuran besar yang menjulang tinggi.

Suasana Watu Layar Bonang sangat asri. Ditambah lagi penorama laut dari ketinggian menjadikan tempat tersebut nyaman untuk merilekskan pikiran.

Jika anda ingin berfoto dijamin anda tidak akan menyesal. Background hutan–hutan hijau yang lebat menghasilkan foto yang natural. Tak hanya itu, beberapa spot foto kekinian yang disediakan pengelola juga menjadikan fotomu sempurna.

Hutan yang rindang di Watu Layar. Foto: Aninda Eka Rahayu

Untuk menambah kenyamanan wisatawan, pengelola Watu Layar Bonang menyediakan fasilitas umum dan fasilitas pendukung diantaranya adalah musholla, tempat parkir, dan toilet. Tak hanya itu, pengelola juga menyediakan spot foto kekinian serta gazebo untuk bersantai jika anda lelah berfoto dapat duduk sebentar. Watu Layar Bonang juga terdapat rumah pohon dan beberapa warung makan yang telah disediakan.

Untuk dapat menikmati keindahan Watu Layar Bonang anda hanya dikenakan biaya parkir saja. Jika anda menggunakan sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,00. Jika menggunakan mobil dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,00.

Jika anda ingin berwisata ke Watu Layar Bonang terdapat beberapa tips antara lain: Pertama, jika anda sudah hampir dekat dengan lokasi wisata turunkan kecepatan anda lalu perhatikan dengan seksama gapura Watu Layar.

Kedua, bawalah lotion antinyamuk, karena di waktu–waktu tertentu nyamuk dapat mengganggu anda.

Ketiga, jika anda datang bersama rombongan bawalah tikar karena gazebo yang tersedia tidak terlelu besar.

Menarik bukan? Jika anda sedang berada di Rembang jangan sampai melewatkan destinasi wisata Watu layar Bonang ya. Selamat berwisata!

Aninda Eka Rahayu