Bupati Indrata Nur Bayu Aji (berdiri di podium) memberikan pengarahan dan pembinaan kepada para pengawas sekolah dan para Kasek se Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, mengharapkan, agar para Kepala Sekolah (Kasek) dapat lebih kreatif dalam memajukan pendidikan di masing-masing sekolah yang dipimpinnya.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, harapan orang nomor satu di Kabupaten Pacitan, Jatim tersebut, disampaikan saat memberikan sambutan pada acara pembinaan kepada para pengawas sekolah dan para Kasek se-Kabupaten Pacitan.

Acara pembinaan kepada para insan pengawas sekolah dan para Kasek se Kabupaten Pacitan ini, digelar Senin (16/10), di Aula Ki Hajar Dewantara, Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan.

Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), mengharapkan, sebagai pemimpin, Kepala Sekolah dituntut mampu menjadi manajer yang baik. Meski dihadapkan pada keterbatasan. Baik keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), keterbatasan sumber dana, hingga problematika lain di sekolah.

”Kalau semuanya tercukupi mungkin mudah,” tandas Bupati. Tapi jika dihadapkan pada SDM yang kurang, sumber anggaran juga terbatas, belum lagi dengan segala problematikanya, hal itu membutuhkan kreativitas dari kepala sekolah.

Menurut Bupati, meski kreativitas tidak terbatas, namun persoalan yang dihadapi lembaga sekolah juga berbeda-beda. Untuk itu, lanjut Mas Aji, kreativitas bisa menyesuaikan dengan kearifan lokal wilayah masing-masing.
Bambang Pur