Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar uji kompetensi dan penilaian potensi ribuan pegawai untuk pemetaan jabatan. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menggelar uji kompetensi dan penilaian potensi ribuan pegawai untuk pemetaan jabatan, baik di Satuan Kerja Kanwil maupun jajaran Unit Pelaksana Teknis (UPT), Senin (16/10/2023).

“Ada 4.325 pegawai mengikuti uji kompetensi dengan metode computer assissted competency test (CACT) yang dilaksanakan selama dua belas hari yang dimulai hari ini,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto saat membuka kegiatan di Badiklat Hukum dan HAM Jateng.

Adapun materi yang diujikan meliputi kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, potensi/emerging skill, dan literasi digital.

Tejo berharap para pegawai mengerjakan ujian dengan sebaik mungkin sebagai upaya untuk pemetaan jabatan dan profiling kompetensi di Kementerian Hukum dan HAM.

“Jadikan ujian kompetensi ini sebagai momentum untuk melihat sampai sejauh mana potensi yang dimiliki,” ucap Tejo.

“Selain itu, uji kompetensi ini juga membantu dalam mengembangkan dan meniti karier sesuai dengan bidang kemampuan masing–masing,” lanjutnya.

Uji Kompetensi dan Potensi ASN Kanwil Kemenkumham Jateng ini diselenggarakan atas kerja sama antara Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI dan Badan Kepegawaian Negara RI.

Dalam pelaksanaan uji kompetensi dibagi menjadi dua sesi yakni sesi pagi dan siang, dimana setiap sesi diikuti oleh 200 pegawai.

Ning S