blank
Sejumlah peserta perayaan milad ke-21 Masjid Muhammad Cheng Hoo di Surabaya, Sabtu (12/10/2023) malam, berebut untuk berfoto bersama. Foto: tmgp

SURABAYA (SUARABARU.ID)– Bersama ribuan warga Surabaya dari berbagai umat beragama, Ganjar Pranowo mengikuti perayaan Milad ke-21 Masjid Muhammad Cheng Hoo di Surabaya, Sabtu (12/10/2023) malam.

Masjid Cheng Hoo berdiri di Jalan Gading, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya. Arsitekturnya sangat kental dengan nuansa Tionghoa, bahkan mirip dengan kelenteng.

Dibangun sejak 21 tahun lalu, sebagai bentuk penghormatan laksamana asal Cina yang beragama Islam, Cheng Hoo. Selain tempat ibadah, masjid itu juga sebagai simbol kerukunan antarumat beragama.

BACA JUGA: Liga 1 Askot PSSI Kota Semarang, USM Menang 6-0 atas Union

blank
Ganjar Pranowo diundang dalam perayaan milad ke-21 Masjid Muhammad Cheng Hoo di Surabaya, Sabtu (12/10/2023) malam. Foto: tmgp

Ganjar Pranowo mengatakan, keberadaan Masjid Muhammad Cheng Hoo, juga sebagai perekat kerukunan antarumat beragama.

”Tadi saya dikasih tahu sejarah Masjid Muhammad Cheng Hoo ini, dibangun dengan bergotong-royong berbagai umat agama,” ujarnya.

Kerukunan dan saling bergotong-royong inilah yang menjadi budaya, dan harus dijaga kelestariannya. ”Kerukunan yang sudah terjalin ini, harus dijaga,” pintanya.

Sementara itu, kehadiran Ganjar disambut para peserta milad. Mereka berebut berfoto bersama dan bersalaman. Suasana semakin hangat, setelah mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu, dihadiahi kopiah ala Cheng Hoo.

Riyan