blank
Ganjar berbincang dengan keluarga almarhum, saat melayat ke rumah duka. Foto: tmgp

JAKARTA (SUARABARU.ID)– Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo, melayat ke rumah duka Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, Sabtu (14/10/2023) malam. Dia menyampaikan duka mendalam, atas kepergian Gembong pada istri dan anak-anaknya.

Pulang dari kunjungannya ke Jawa Timur, Ganjar langsung menuju rumah duka di Jalan Peninggalan Timur, Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Jakarta Selatan. Dia disambut istri Gembong dan keempat anaknya, keluarga serta masyarakat sekitar.

Ganjar kemudian ngobrol dengan keluarga di rumah. Istri Gembong, Asih Purwanti menceritakan kronologi meninggalnya Gembong pada Ganjar.

BACA JUGA: Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Diseminasikan Konten Kebahasaan dan Kesastraan

blank
Ungkapan duka cita datang dari berbagai kalangan, atas meninggalnya Gembong Warsono. Foto: tmgp

”Nggak sakit pak, malam itu abis cukur terus ngobrol bareng warga. Pulang ngeluh badannya dingin. Dia bilang masuk angin, minta dikerikin. Tapi setelah itu kejang dan lemas. Langsung dilarikan ke rumah sakit,” jelas Asih sambil menangis.

Ganjar mencoba menenangkan Asih dan anak-anaknya. Dia meminta keluarga sabar dan tabah, serta mengikhlaskan kepergian Gembong.

”Tentu kita bersedih, mendapat kabar Mas Gembong meninggal. Mas Gembong itu kader PDIP lama, anaknya gigih dan dua periode menjadi anggota dewan, di Jakarta lagi, rumahnya di dalam gang. Mas Gembong benar-benar kader yang militan, sederhana dan sangat dekat dengan rakyat,” ucap Ganjar.

BACA JUGA: Masjid Muhammad Cheng Hoo Jadi Perekat Kerukunan Antarumat Beragama

Dia juga mengenang hubungannya dengan Gembong Warsono yang sangat dekat. Beberapa minggu lalu, dia diajak Gembong menghadiri wayangan.

”Makanya saya kaget, ketika dikabari Mas Gembong meninggal. Ternyata habis reses, aktivitasnya padat dan terkena serangan jantung. Kawan saya satu ini memang tidak pernah lelah untuk melaksanakan tugasnya sebagai wakil rakyat,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono meninggal dunia, Sabtu (14/10/2023). Gembong meninggal di rumah sakit RSUP Pertamina, akibat serangan jantung.

Selama menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong dikenal keras dalam mengkritisi Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan. Dia sering mengkritik Anies, terkait penanganan banjir Jakarta. Dia juga yang mengusulkan penyelidikan dugaan penyimpangan penggunaan anggaran negara untuk Formula E, dan pembangunan Stadion JIS.

Riyan