blank
Polrestabes Semarang gelar Rakor Linsek dengan menghadirkan unsur penyelenggaraan dan pengamanan Pemilu 2024 tingkat Kota Semarang. Foto: Dok/Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polrestabes Semarang menggelar rapat koordinasi lintas sektor dengan menghadirkan unsur penyelenggaraan dan pengamanan Pemilu 2024 tingkat Kota Semarang yang berlangsung di aula Polrestabes Semarang.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) tingkat Provinsi yang dilaksanakan Polda Jateng pada Selasa (10/10) di Hotel Patra Kota Semarang.

Kegiatan dipimpin Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwit Ari Wibisono didampingi Dandim 0733, Pemkot Semarang, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, Kapolsek jajaran dan dari perwakilan Parpol.

Wiwit mengatakan, agar Pemilu dapat terselenggara dengan aman dan nyaman, diperlukan kolaborasi antar berbagai instansi dan pemangku kepentingan untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Sebagai langkah antisipasi, Polda Jateng telah membentuk Satgas Cooling System. Wiwit menyampaikan kepada audien mengenai langkah cooling system untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan para tokoh-tokoh politik, agama dan masyarakat.

“Saya berharap petugas pengamanan dan penyelenggara sering melakukan dialog dengan para tokoh pemuka seperti, tokoh politik, agama dan tokoh masyarakat,” kata Wiwit, Jumat (13/10/2023).

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan deklarasi damai untuk pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 di Polrestabes Semarang yang ditandai dengan penandatanganan deklarasi damai Pemilu 2024 dari semua undangan yang hadir

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Casandra Gultom menyampaikan informasi terkait tahapan penyelenggaraan Pemilu. “Kampanye mulai dilaksanakan pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Jadi di luar tanggal tersebut bukan kegiatan Pemilu,” tandasnya.

Dalam waktu dekat ini KPU akan disibukkan dengan adanya pergeseran logistik pemilu 2024. “Kami tengah konsentrasi, karena dalam waktu dekat sudah ada pergeseran logistik Pemilu 2024. Kami berharap masing-masing wilayah sudah bisa menyiapkan gudang yang aman dan terbebas dari banjir,” pungkasnya.

Ning S