blank
KAI Daop 4 Semarang resmikan Mesin Kereta Pemeliharaan Jalan Rel MTT (Multi Tie Tamper) di Dipo Mekanik Semarang Poncol. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang meresmikan Mesin Kereta Pemeliharaan Jalan Rel MTT (Multi Tie Tamper) di Dipo Mekanik Semarang Poncol, Jumat (13/10/2023).

MTT dengan tipe Duomatic 09-32 CSM 7379 ini merupakan sarana gerak perkeretaapian khusus yang digunakan untuk merawat geometri jalan rel.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan, keberadaan MTT ini sangat dibutuhkan dalam menjaga keandalan prasarana khususnya pada jalur rel.

“Secara prinsip mesin MTT berfungsi untuk mengangkat, menimbang, menata dan memadatkan balas yang berada di bawah bantalan sepanjang jalur rel sampai mencapai geometri yang diinginkan,” ungkap Franoto.

Disampaikan, mesin MTT ini merupakan pabrikan dari Plasser & Theurer Austria tahun produksi 2023, dengan panjang 27.450 mm, lebar 2.640 mm, tinggi 3.680 mm, dan dengan berat 70.000 kilogram. Mesin MTT ini bisa melaju dengan kecepatan maksimal mencapai 80 km/jam, dengan menjangkau 1.200 meter per jam nya saat melakukan perawatan.

Dengan tambahan mesin MTT ini, lanjut Franoto, Daop 4 Semarang secara keseluruhan memiliki 4 unit mesin MTT yang akan melakukan perawatan di sepanjang lintasan jalur rel wilayah Daop 4 Semarang.

Diketahui, panjang lintasan di Daop 4 Semarang yaitu 676 km yang terbentang dari sebelah barat Stasiun Tegal hingga sebelah timur Stasiun Cepu dan sebelah selatan Stasiun Gundih.

“Diharapkan dengan tambahan mesin MTT ini, seluruh lintasan kereta api khususnya di wilayah Daop 4 Semarang bisa terjamin keandalannya, sehingga dapat mewujudkan perjalanan kereta api yang aman, nyaman dan selamat,” tandasnya.

Ning S