Kapolres, AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H. dan Ketua FKUB Klaten KH Drs Syamsudin Asrofi bersama anggota serta Ketua MUI Klaten KH Drs Hartoyo berfoto bersama dalam acara pertemuan Polres Klaten dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten setempat, Kamis (12/10). Foto: Polres Klaten

KLATEN (SUARABARU.ID)Polres Klaten menggelar pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten setempat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dalam pemilu serentak tahun 2024, di Polres Klaten, Kamis (12/10/2023).

Hadir dalam acara ini Ketua FKUB Klaten KH Drs Syamsudin Asrofi bersama anggota, Ketua MUI Klaten KH Drs Hartoyo. Kapolres AKBP Warsono, S.H., S.I.K., M.H dalam sambutannya menjelaskan, pertemuan yang berlangsung  bertujuan untuk silaturahmi dan koordinasi antara Polres dengan perwakilan umat beragama untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif dalam pemilu serentak 2024.

Pertemuan yang berlangsung  dinilai memiliki arti penting agar mengurangi potensi konflik yang mungkin muncul selama tahapan Pemilu 2024 khususnya di wilayah Klaten. “Mohon bantuan kepada para anggota FKUB, agar ikut serta menjaga situasi yang aman. Sosialisasikan kepada masing-masing umat untuk bijak bermedsos, untuk pemilu yang aman dan damai,” terangnya.

Pada pertemuan yang juga dihadiri Kasat Intelkam dan Kasat Binmas Polres Klaten, Ketua FKUB Kab. Klaten KH Drs Syamsudin Asrofi menyampaikan, pihaknya siap mendukung terselenggaranya pemilu 2024 yang aman dan lancar.

FKUB selama ini sudah menggandeng ormas dan menciptakan inovasi dalam masyarakat agar kerukunan antarumat beragama terjalin dengan baik. “Kami harapkan jelang Pemilu kita membuat kegiatan Deklarasi Damai, sehingga harapan kami usaha yang kita lakukan menjadikan wilayah Klaten yang kondusif,” harapnya.

Sementara itu Ketua MUI Klaten KH Drs Hartoyo menambahkan, jika organisasinya juga akan ikut serta dalam mensukseskan pesta demokrasi 2024. “Pada bulan November MUI Klaten akan mengadakan pertemuan dari ormas-ormas di wilayah Klaten, guna menciptakan harkamtibmas di wilayah Klaten,” ungkapnya.

Bagus Adji