blank
Sejumlah santri Ponpes Al Hikam, Kota Malang, berebut berfoto bersama Ganjar Pranowo. Foto: tmgp

MALANG (SUARABARU.ID)– Sosok almarhum KH Hasyim Muzadi langsung muncul diingatan Ganjar Pranowo, ketika dia sowan ke Ponpes Al Hikam, Kota Malang, Jumat (13/10/2023).

Foto-foto Kiai Hasyim Muzadi yang terpajang di kediaman serta dinding ponpes, membuat kenangan Ganjar puluhan tahun silam itu kembali. Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI 2024 itu, disambut Pengasuh Ponpes Al Hikam, Kiai Abdul Hakim Hidayat dan para santri.

”Abah Hasyim itu guru saya. Beliau memberikan banyak ilmu pada saya. Saya punya ikatan dengan beliau, dan dengan keluarganya dekat sekali. Sudah seperti saudara,” kata Ganjar.

BACA JUGA: Ganjar Berupaya Lindungi Buruh Rokok Linting dan Petani Tembakau

Setidaknya, ada dua kenangan yang paling membekas dalam hidupnya bersama mantan Ketua PBNU itu. Pertama, saat mendampingi perjuangan Mega-Hasyim pada Pemilu 2004.

”Waktu mendampingi beliau saat kampanye dulu, Abah Hasyim nggak pernah ngobrol politik. Ngobrolnya yang lucu-lucu saja. Hanya satu hal soal politik yang beliau omongkan, yakni presiden itu harus satu strip di atas semua lembaga negara,” kenangnya.

Kenangan kedua, ketika Ganjar menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci untuk pertama kalinya. Saat itu, Kiai Hasyim Muzadi bertindak sebagai Amirul Hajj.

BACA JUGA: Dukung MotoGP 2023 Mandalika, Telkomsel Hadirkan Konektivitas Terdepan

blank
Sebagian keluarga besar KH Hasyim Muzadi, berfoto bersama Ganjar Pranowo. Foto: tmgp

”Beliau memberikan khotbah bagus banget, yang sampai sekarang masih saya ingat. Apa sih ukuran haji mabrur itu, ya kalau sepulang haji ada kesalehan sosial yang dilakukan, berarti hajinya mabrur,” jelasnya.

Selain itu, Ganjar mengaku banyak mendapat ilmu dari almarhum Kiai Hasyim Muzadi. Termasuk dengan keluarganya, yang saat ini mengasuh Ponpes Al Hikam Malang. Dalam kunjungan itu, Ganjar diberi hadiah buku biografi Hasyim Muzadi.

”Dengan keluarga Abah Hasyim, saya juga dekat. Jadi tadi diceritakan banyak hal tentang Abah. Tadi dikasih buku. Jadi ini berkah dari silaturahmi,” ungkap dia.

BACA JUGA: Polrestabes Semarang Gelar Deklarasi Damai 2024 Bersama Lintas Sektoral untuk Pemilu Damai

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Al Hikam, Kiai Abdul Hakim Hidayat mengatakan, hubungan emosional antara Ganjar dan almarhum Kiai Hasyim Muzadi, memang sangat erat. Dia menuturkan, Ganjar pernah mendampingi Kiai Hasyim Muzadi saat maju Pilpres 2004.

”Hubungan emosional Pak Ganjar dengan Abah dan keluarga kami, memang sangat dekat. Waktu Abah jadi Ketua Umum PBNU, Abah juga sering main ke Jateng,” ucapnya.

Kiai Abdul Hakim mengaku tersanjung, karena Ganjar tak melupakan hubungan baik dengan KH Hasyim Muzadi. Ganjar tetap menyempatkan sowan ke Ponpes Al Hikam, di sela kesibukannya sebagai Bacapres 2024, agar silaturahmi tetap terjaga.

Riyan