blank
AKBP Wiwit Ari Wibisono Wakapolrestabes Semarang menyaksikan penandatanganan Pakta Integritas Deklarasi Damai Pemilu 2024 bersama unsur Lintas Sektoral di Aula Polrestabes Semarang, Kamis (12/10/2023). Foto: Dok Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Polrestabes Kota Semarang menggelar Deklarasi Damai 2024, melalui Rapat Koordinasi (Rakor) bersama unsur lintas sektoral, dengan menghadirkan para unsur penyelenggaraan dan pengamanan pemilu 2024 tingkat Kota Semarang, di aula Polrestabes Semarang, Kamis (12/10/23).

Penyelenggaraan itu sebagai tindak lanjut dari hasil Rakor Lintas Sektoral tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang digelar Polda Jatengdi Hotel Patra Jasa, Kota Semarang, pada hari Selasa lalu (10/10/2023).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wakapolrestabes Semarang AKBP Wiwit Ari Wibisono tersebut, didampingi oleh Dandim 0733, Pemkot Semarang, Kejaksaan, KPU, Bawaslu, Kapolsek jajaran dan para perwakilan dari parpol yang ada di Kota Semarang.

Dikatakan oleh AKBP Wiwit Ari Wibisono, diperlukan kolaborasi antar berbagai instansi dan pemangku kepentingan, untuk menciptakan suasana yang kondusif dan agar pemilu dapat terlaksanakan secara bersama-sama dan dapat terselenggara dengan aman dan nyaman.

Oleh sebab itu, sebagai Langkah antisipasi Polda Jateng membentuk Satgas Cooling System, yaitu sebagai upaya untuk lebih meningkatkan komunikasi dengan para tokoh-tokoh politik, agama dan masyarakat.

“Saya berharap, nanti kita petugas pengamanan dan penyelenggara, akan sering melakukan dialog dengan para tokoh-tokoh pemuka, seperti tokoh politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat,” kata Wakapolrestabes.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Casandra Gultom menyampaikan informasi terkait tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang dan jadwal kampanye.

“Kampanye baru akan dilaksanakan pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari tahun 2024. Jadi di luar dari tanggal itu, bukan merupakan kegiatan pemilu,” terangnya.

Dalam waktu dekat ini pula, lanjut HC  Gultom, KPU Kota Semarang juga akan disibukkan dengan kegiatan adanya pergeseran logistik Pemilu 2024.

“Kami sedang berkonsentarsi,  dalam waktu dekat sudah ada pergeseran logistik pemilu tahun 2024, jadi saya harapkan masing-masing wilayah sudah bisa menyiapkan gudang yang aman dan terbebas dari banjir,” tutupnya.

Diakhir kegiatan, Deklarasi Damai untuk pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang tersebut, ditandai dengan penandatanganan pakta integritas Deklarasi Damai Pemilu 2024 oleh seluruh undangan yang hadir di Aula Polrestabes Semarang.

Absa