Water Treatment yang diangkut di atas truk tactical disaster support vehicle melakukan pemurnian air di sungai Kayen, Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Kamis (13/10/2023). Foto : Dok KPPS 

SEMARANG (SUARABARU.ID) Dengan menggunakan alat pemurnian air, yang diletakkan di atas truk tactical disaster support vehicle (TDSV), Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang (KPPS) berhasil mendistribusikan puluhan ribu liter air bersih di dua daerah di Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang Heru Suhartanto mengatakan, pendistribusian air bersih hasil pemurnian air dengan alat water treatment tersebut, dilakukan di Kota Semarang dan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

“Kemarin kami telah mendistribusikan 9.000 liter air bersih di Rowosari (Kota Semarang) dan pada hari ini, sebanyak 16.000 liter sudah terdistribusikan. Semoga meskipun tidak seberapa, tapi usaha kami ini kami harapkan bisa meringankan beban masyarakat yang kesulitan atas air bersih akibat kemarau panjang ini,” ujarnya, Jumat (13/10/2023).

Dikatakan pula, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk meringankan beban masyarakat atas kebutuhan air bersih akibat kemarau panjang, sesuai permintaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, yang mendapatkan laporan adanya warga kesulitan air bersih akibat kemarau.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang melakukan pemurnian air di ungai Comal Kabupaten Pemalang dan diangkut oleh truk tangki milik BPBD Pemalang, untuk didistribusikan ke warga yang membutuhkan, Jum’at (13/10/2023). Foto : Dok KPPS

Untuk di Kota Semarang, pemurnian air diambilkan dari sungai Kayen Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, sedang untuk Kabupaten Pemalang berasal dari sungai Comal, yang diangkut oleh truk tangki milik BPBD Pemalang, untuk didistribusikan ke warga yang membutuhkan.

“Jadi kami menggunakan truk water treatment, untuk mengolah air keruh yang ada di sungai Kayen Rowosari, menjadi air bersih dan bahkan bisa langsung diminum” terang Heru Suhartanto.

“Kami juga mendapatkan permintaan dari BPBD Pemalang untuk menyediakan air bersih bagi sebagian warga Comal Pemalang, sehingga kami kirim tim kesana untuk membantu,” imbuh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang.

Absa