Warga Grobogan tengah mengambil air bersih bantuan dari LAZiS Jateng. Foto: Dok/LAZiS Jtg

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Merespon musibah kekeringan di Jawa Tengah, LAZiS Jateng melalui kegiatan Parade Tangki Kemanusiaan untuk Grobogan dan Solo Raya mengirimkan 100 tangki air bersih untuk warga terdampak.

Kegiatan dibuka di Desa Randurejo, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan. “Kegiatan hari ini merupakan rangkaian kegiatan LAZIS Jateng dalam merespon bencana kekeringan di Jawa Tengah, khususnya di Grobogan, Sragen, Wonogiri dan Sukoharjo,” ujar Direktur Program LAZiS Jateng, Bagas Leksono, Jumat (13/10/2023).

“Kami menargetkan 100 tangki air akan dikirimkan di bulan Oktober ini. Untuk hari ini kami mengirimkan 26 tangki air ke daerah-daerah tersebut,” terangnya.

Bagas mengatakan, dalam pengiriman bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan, LAZiS Jateng berkoordinasi dengan BPBD setempat.

“LAZiS Jateng berkoordinasi dengan BPBD Provinsi maupun kota/kabupaten dalam kegiatan penyaluran air bersih, agar bantuan dapat terdistribusi ke daerah-daerah yang menjadi prioritas penyaluran,” kata Bagas.

Hingga saat ini tercatat 800.000 liter air telah didistribusikan ke daerah-daerah yang mengalami kekeringan di Jawa Tengah.

Sementara, Daniel Martiknyo, Kepala Desa Randurejo, menceritakan kondisi kekeringan yang melanda desanya.

“Kekeringan yang melanda Desa Randurejo dimulai pada bulan Mei sampai hari ini, pada bulan Oktober ini adalah bulan-bulan yang sulit mendapatkan air, sampai kami membuat belik-belik kecil di sungai. Untuk mendapatkan air pun harus mengantri,” ucapnya.

Daniel mengucapkan terima kasih karena menjadikan Desa Randurejo sebagai tempat seremonial parade 100 tangki kemanusiaan, dan atas bantuan 10 tangki air untuk desanya.

Pengiriman bantuan air bersih dari LAZiS Jateng akan terus dilakukan kepada masyarakat terdampak kekeringan di Jawa Tengah sebagai bentuk kepedulian LAZiS Jateng atas amanah yang diberikan para donatur, dan sebagai bentuk komitmen dalam melayani umat.

Ning S