CEK SALURAN - Plt Kepala DPUPR Kota Tegal, Heru setya mengecek pekerjaan normalisasi saluran. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Dinas Pekerjaaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tegal melakukan pengecekan 120 pekerjaan pavingisasi dan normalisasi saluran yang berada di pemukiman warga, Kamis (12/10/2023).

“Berdasarkan data, pekerjaan yang sedang berjalan saat ini tersebar di 120 titik. Peninjauan kali ini melihat progres pekerjaan di tiga titik yakni Jalan Perkutut Randugunting, Pekauman, dan Jalan Cempedak,” kata Plt Kepala Dinas PUPR Kota Heru Prasetya.

Heru mengatakan, berdasarkan hasil tinjauan, bahan-bahan yang digunakan baik untuk pavingisasi maupun normalisasi saluran sudah sesuai standar. Sejak awal memang sudah ditetapkan standarnya, lalu sebelum datang harus sesuai persetujuan PPK.

Untuk paving dari awal ditetapkan minimal K75, secara pelaksanaan paving yang digunakan K215 atau di atas standar 100. Termasuk paving atau u-ditc yang digunakan harus TKDN dan SNI. “Kita cek, dari beberapa sampel yang kami datangi, kualitas bahannya terjamin bagus semua. Karena sebelum didatangkan harus sesuai persetujuan PPK,” terangnya.

Heru mengatakan, setelah bahan-bahannya bagus, selanjutnya tinggal teknik pekerja di lapangan. Melihat beberapa ada yang terlihat belum rapi, langsung diminta untuk dirapikan. “Tadi beberapa ada yang belum rapi kita minta rapikan. Beberapa yang pecah kita minta ganti,” ujar Heru.

Pekerjaan proyek baik pavingisasi maupun normalisasi saluran di permukiman warga, totalnya ada sebanyak 200 titik, dan yang sudah mulai berjalan sebanyak 120 paket.

Heru menargetkan, pekerjaan sudah selesai semua pada 5 Desember 2023 mendatang. “Sebagian sudah berkontrak, sebagian sudah loading material. Harapannya sesuai target DPUPR, pada 5 Desember 2023 mendatang pekerjaan semua selesai,” tutup Heru.

Sutrisno