blank
Errika Dwi Setyawatie MIKom menyampaikan materi dalam pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva kepada Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Kecamatan Ungaran Barat di Aula Sekolah Kanaan Nusantara pada 12 Oktober 2023. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) program studi Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM) menggelar pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva kepada Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Kecamatan Ungaran Barat di Aula Sekolah Kanaan Nusantara pada 12 Oktober 2023.

Tim PkM terdiri atas ketua Errika Dwi Setyawatie MIKom, beranggotakan Retno Manuhoro Setyowati MIKom dan Yofiendi I Indainanto MIKom.

Kegiatan tersebut diikuti 40 anggota Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang.

Ketua Tim PkM, Errika Dwi Setyawatie MIKom mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong para guru untuk bebas berkreasi menciptakan materi maupun media belajar dengan teknologi.

“Di era digital ini, para guru mau tidak mau harus merespon teknologi yang gunanya untuk membantu proses belajar mengajar supaya lebih kreatif dan menyenangkan tentu saja dengan memperhatikan rambu-rambu dan etika ketika karya tersebut diunggah di media sosial,” ujarnya.

Menurutnya, kurikulum Merdeka Belajar mendorong para pendidik anak usia dini untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam proses belajar mengajar.

“Mendukung hal tersebut, kami hadir untuk membimbing peserta agar dapat menggunakan aplikasi Canva. Aplikasi ini dapat diakses oleh siapa pun juga dapat membantu para pendidik untuk menciptakan karya dan media belajar sesuai dengan kreatifitasnya sendiri,” ungkapnya.

Pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva dibimbing Yofiendi I Indainanto MIKom dengan memberikan tutorial step by step pembuatan materi belajar berupa video dan gambar dan Retno Manuhoro Setyowati MIKom dengan memberikan pemahaman mengenai etika di media sosial bahwa selaku pendidik.

Sementara itu, salah satu peserta Ertania Johana Maryasmara SPd mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini karena memerlukan pengetahuan tentang hal yang diajarkan oleh tim PkM.

“Ini adalah kesempatan belajar yang bagus karena materi yang diberikan oleh para dosen pengabdi berguna dan penting. Kami berharap masih ada kesempatan lagi bagi kalangan pendidik PAUD untuk belajar sekaligus mempraktikkan kemampuan berkreasi melalui Canva dengan lebih intens,” tuturnya.

Muhaimin