Sebanyak 12 mahasiswa asing mengikuti kegiatan penanaman bibit Mangrove di Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang pada Rabu, 11 Oktober 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 12 mahasiswa asing mengikuti kegiatan penanaman bibit Mangrove di Kelurahan Mangunharjo Kota Semarang pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda dari Culture Camp 2023 yang bertemakan “Climate Change Effect For Semarang City, Central Java Province, and Its Tourism” yang berlangsung selama empat hari, pada 10-13 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut juga diikuti Kepala Satuan International Office (IO) Universitas Semarang (USM) Faisal Yusuf BA MM MBA, Ketua Bina Bahasa Jaya USM Dini Anggraeni MHum dan Dosen Ilmu Komunikasi USM Sinta Pramucitra SIKom MIKom.

Menurut salah satu peserta yang berasal dari INSA Lyon Prancis, Simon Rossi, pihaknya mengapresiasi pihak USM yang telah memberikan pengalaman menarik dalam menanam bibit Mangrove.

“Walaupun waktu saya disini sangat terbatas, tetapi ini adalah pengalaman yang luar biasa dalam menanam bibit mangrove. Terima kasih USM,” katanya.

Sementara itu, salah satu Petani Mangrove di Kelurahan Mangunharjo, Sururi mengatakan kegiatan ini adalah hal yang membangkitkan semangatnya.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan yang diadakan oleh USM ini, bagus untuk lingkungan, ditambah mengajak mahasiswa asing sehingga meningkatkan semangat kami dalam melestarikan bibit mangrove,” ungkapnya.

Dia berharap, USM juga akan mendatangkan mahasiswa dari berbagai fakultasmya untuk ikut menanam dan melestarikan tanaman mangrove.

“Jangan sampai disini saja. Saya berharap pak rektor dapat mengerahkan mahasiswanya untuk ikut bergerak. Semoga hal tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa USM untuk mengenal lingkungan,” harapnya.

Muhaimin