blank
Penandatanganan MoU antara Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro terkait SOP pengamanan Pemilu. Foto: Dok/Bidhumas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna mewujudkan sinergi antar unsur pelaksana dan pengamanan Pemilu 2024 di Jawa Tengah, Polda Jateng menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakor Linsek) Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Hotel Patra, Selasa (10/10/2023).

Rakor Linsek tersebut dihadiri seluruh unsur pimpinan kewilayahan baik TNI-Polri, Pemerintah Daerah, KPU serta Bawaslu mulai dari tingkat Provinsi hingga tingkat kabupaten/kota.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi menyebut, Operasi Mantap Brata akan dimulai pada tanggal 19 Oktober 2023 mendatang. “Sebagai kesiapan, hari ini kita gelar Rakor Lintas Sektoral untuk menciptakan sinergitas dalam pengamanan dan penyelenggaraan Pemilu,” tutur Kapolda.

Kapolda menyebut, sebanyak 22 ribu personil akan diterjunkan guna mengamankan TPS yang tersebar di lebih dari 117 ribu titik. Pengamanan akan dilakukan secara sinergi antara TNI-Polri.

“Kegiatan pengamanan akan dilakukan kolaborasi antara TNI dan Polri, hari ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro terkait SOP pengamanan Pemilu,” ujarnya.

Melalui kegiatan ini, Luthfi berharap Pemilu 2024 di Jawa Tengah berjalan dengan aman dan lancar, persatuan dan kesatuan di masyarakat tetap terjaga.

“Dalam proses Pemilu boleh saja terjadi perbedaan pilihan, situasi bisa saja memanas, tapi prinsipnya persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat harus tetap dijaga, karena nafas kita persatuan dan kesatuan diatas segala-galanya,” tegasnya.

Sebagai langkah antisipasi untuk meredakan situasi di tengah masyarakat selama proses Pemilu, Kapolda telah menyiapkan Satgas Cooling System. “Jadi Satgas Cooling System ini gunanya untuk mendinginkan masyarakat kita yang mengikuti Pemilu. Satgas ini terbagi menjadi satgas manajemen media, sosial dan kemitraan,” jelasnya.

Kapolda menyebut, untuk menjaga situasi di tengah masyarakat tetap dingin, upaya cooling system perlu dilakukan secara bersama oleh unsur TNI Polri dan Pemerintah Daerah mulai dari tingkat Provinsi hingga kabupaten/kota.

Luthfi menegaskan, pada prinsipnya Polda Jateng dan Kodam IV/Diponegoro siap untuk melakukan pengamanan Pemilu 2024.

Sementara itu Pj. Gubernur Jateng, Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana mengungkapkan apresiasi atas digelarnya Rakor Linsek ini.

“Saya apresisi atas upaya yang dilakukan Polda Jateng untuk menciptakan sinergi dari unsur pelaksana pengamanan Pemilu. Diharapkan Pemilu di Jawa Tengah berjalan sukses, aman dan damai,” tandasnya.

Ning S