blank
Lamtaro atau petai cina yang kaya manfaat bagi kesehatan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lamtoro atau petai cina, tanaman dengan nama latin Leucaena leucocephala merupakan salah satu dari sekian banyak hijauan pakan ternak (HPT) yang ada di Indonesia.

Kandungan flavonoid dalam lamtoro bisa menghalau virus dam bakteri berkembang di dalam tubuh. Sedangkan kandungan alkaloid dalam lamtoro bisa membantu mentralisir racun. Konsumsi petai cina baik untuk kesehatan hati, ginjal, dan pencernaan.

Lamtoro dapat menjadi pilihan pengobatan alternatif bagi penderita diabetes melitus. Pasalanya kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada lamtoro dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Baca Juga:Sering Bau Mulut Setelah Makan Petai? Yuk Simak 5 Tips Mengatasinya

Selain itu, lamtoro juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk kesehatan jantung. Dilansir dari Suara.com, berikut adalah 8 manfaat konsumsi buah lamtoro untuk kesehatan. Yuk disimak ulasannya.

1. Menurunkan kolesterol

Buah lamtoro mengandung serat yang tinggi, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan kolesterol baik

Buah lamtoro juga mengandung asam lemak omega-3, yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kolesterol baik berperan dalam membersihkan kolesterol jahat dari pembuluh darah.

Baca Juga: Petai Cina Obat Mujarab Penyakit Diabetes

3. Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis adalah kondisi di mana terjadi penumpukan plak di dinding pembuluh darah. Plak dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung. Kandungan serat, asam lemak omega-3, dan antioksidan pada buah lamtoro dapat membantu mencegah aterosklerosis.

4. Menjaga kesehatan jantung

Buah lamtoro mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel-sel di jantung, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan aliran darah

Buah lamtoro mengandung kalium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:Mengenalkan Kuliner Khas Blora Sego Pecel Pincuk Daun Jati 

6. Mencegah stroke

Stroke adalah kondisi di mana terjadi kerusakan pembuluh darah di otak. Kandungan antioksidan pada buah lamtoro dapat membantu mencegah stroke.

7. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah

Buah lamtoro mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

8. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Buah lamtoro juga mengandung berbagai nutrisi lain yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti protein, vitamin B, dan vitamin E.

Untuk mendapatkan manfaat buah lamtoro untuk kesehatan jantung, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin. kamu dapat mengonsumsi buah lamtoro segar, direbus, atau diolah menjadi berbagai hidangan, seperti sayur lamtoro, lamtoro goreng, atau lamtoro bakar.

Itulah tadi manfaat lamtaro atau petai cina yang kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. semoga bermanfaat.

Claudia