Nasi Pecel pincuk daun jati, pecel khas Blora. Foto: Maulintia

SEBAGIAN besar mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan jenis pecel ini. Pecel merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer dan sangat nikmat akan khas dengan cita rasanya.

Ada berbagai banyak bahan makanan yang disiram dengan sambel kacang ternyata menjadikan menarik minat begitu banyak masyarakat Indonesia.

Isian sayuran yang terdapat di pecel khas Blora juga tak jauh berbeda dengan daerah-daerah lain.

Salah satu hal yang membedakan dengan daerah lainnya yaitu adalah tekstur sambal kacangnya sangat lembut. Ketika masuk kedalam mulut, langsung lumer di lidah.

Selain itu, karena Namanya saja nasi pecel pincuk, maka bukan [piring yang menjadi alanya, tetapi daun. Juga bukan daun pisang, karena Blora terkenal hutan jatinya, maka pincuknya pun dari daun jati.

Sayurannya lengkap dengan berbagai pilihan lauk yang tersedia. Beberapa rempah juga ditambahkan untuk memberikan cita rasa tersendiri sehingga pecel Blora begitu nikmat dinikmati bersama keluarga atau teman-teman kalian.

Di Blora nasi pecel sering dijadikan sarapan bagi warganya. Oleh karena itu, kamu bakal mudah menemukan penjual makanan ini pada saat di pagi hari. Bukanya juga biasanya mulai jam 06.00 WIB.

Kalau sedang  di Blora kamu tidak akan sulit mencari nasi pecel pincuk. Anda bisa datang ke Nasi Pecel Pincuk Mbah Jito, di Kedung Jenar, Blora. Harga juga sangat terjangkau, setiap porsi mulai Rp7.000 sampai Rp10.000.

Juminten, karyawan dari Warung Pecel Mbah Jito mengungkapkan warung buka setiap hari, mulai pukul 06:00 sampai 12:00 WIB. “Nasi pecelnya enak dan terjangkau sih. Masih panas dan gorengannya baru di goreng dadinya nikmat mantap,” ujar Hida warga tunjungan

Atau juga bisa  mendatangi Nasi Pecel Pawon Mbah Minah Lokasinya agak masuk ke dalam gang. Cuma tak terlalu dalam. Hanya sekitar 200-an meter saja dari Jalan Raya Randublatung. Gangnya namanya Gang Kutilang, Kelurahan Wulung.

Pengunjung tak terlalu sulit untuk mencarinya. Tapi meski tak sulit untuk mencari Sego Pecel Pawon Mbah Minah, Kalau mau ke sana jangan salah waktunya. Sego Pecel Pawon Mbah Minah ini bukanya sangat singkat, hanya dari jam 06.00 WIB dan pukul 08.00 WIB biasanya sudah habis.

“Nasi Pecel Pawon Mbah Minah tempatnya mudah dijangkau, dekat jalan raya Randublatung, Wulung, nasi pecelnya enak, cocok dengan lidah orang Indonesia,” ujar Joko warga Blora yang sering mampir di sini.

Kuliner ini biasanya terdiri dari nasi putih yang di beri toping berupa rebusan beragam sayuran, yakni tauge, daun ubi jalar/daun ketela, kacang panjang, kembang turi, petai cina, dan lain-lain sesuai seleranya masing-masing.

Nasi dengan  toping tersebut kemudian disiram dengan sambal kacang. Nasi pecel sendiri biasanya semakin nikmat dan lengkap ketika disantap dengan lauk berupa tempe goreng, kerupuk maupun rempeyek terkadang juga lauk telur ceplok/dadar sesuai permintaan pengunjungnya.

Jadi jangan lupa kalau ada di Blora jangan lupa  mencicipi makanan khas nya Nasi Pecel Pincuk Daun Jati iyaa.

Hayatun Nufus Kamila-Mg