blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto saat mengunjungi Bapas Semarang. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil (Kakanwil) Kemenkumham Jateng, Tejo Harwanto meninjau dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Kota Semarang, Senin (9/10/2023).

Kedua UPT tersebut yakni Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Semarang dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas I Semarang.

Tejo pada kesempatan itu meninjau ruangan kerja dan melakukan dialog dengan beberapa pegawai di Bapas Kelas I Semarang.

Tejo menitipkan pesan kepada jajaran Bapas untuk memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat khususnya klien pemasyarakatan.

“Layani dengan baik, kita adalah aparatur sipil negara, tugas kita adalah melaksanakan pelayanan publik dan memahami kebijakan-kebijakannya,” ujar Tejo didampingi Kabapas Semarang, Sarwito.

Ia mengatakan peran Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas menjadi sangat sentral dalam sistem pemasyarakatan hari ini.

Dirinya berharap agar segala pelayanan bisa terus ditingkatkan agar masyarakat luas merasakan negara hadir di tengah-tengah mereka.” Saya berharap segala bentuk pelayanan menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Usai mengunjungi Bapas, Kakanwil kemudian menuju Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang.

Di UPT pimpinan Kristiana Hambawani ini, Tejo memuji etalase hasil karya warga binaan pemasyarakatan. Selanjutnya Kakanwil berkeliling meninjau bengkel kerja dan klinik yang ada di Lapas Perempuan Semarang.

Ia berpesan agar pembinaan yang sudah berjalan baik terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Menurutnya, semua itu dilakukan demi membentuk WBP menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak lagi mengulangi tindak pidana.

Ning S