blank
Tri Saptono Sambudji bersama istri dalam acara pisah sambut Kepala Lapas Kelas 1 Semarang. Foto: Dok/Lapas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selama satu tahun 6 bulan memimpin Lapas Kelas I Semarang (18 Maret 2022-10 Oktober 2023), Tri Saptono Sambudji menyebut telah memajukan dan memberikan pelayanan terbaik di Lapas Semarang.

“Selama menjabat sebagai Kepala Lapas Kelas I Semarang, kami selalu bekerja sama, saling bahu membahu dalam memajukan dan memberikan pelayanan terbaik di Lapas Semarang,” kata Tri Saptono dalam acara pisah sambut Kalapas Semarang yang berlangsung di aula Lapas, Selasa (10/10/2023).

Ia menyebut, dalam kegiatan pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian warga binaan selama ini berjalan baik. Menurutnya, ini sebagai wujud implementasi tercapainya visi misi pemasyarakatan.

“Berbagai fasilitas pelayanan sudah kami tingkatkan seperti layanan kesehatan pada Klinik Pratama Lapas Semarang, layanan dapur sehat yang telah bersertifikat dapur higienis hingga mendapat sertifikasi halal dari MUI. Selain itu layanan khusus kelompok rentan dan disabilitas, serta renovasi ruang layanan kunjungan,” jelasnya.

Tri Saptono juga membeberkan berbagai inovasi yang berhasil dikembangkan, seperti adanya program Pondok Pesantren At-Taubah dan program pendalaman Alkitab sebagai peningkatan layanan pembinaan kepribadian warga binaan.

“Lapas Kelas I Semarang juga telah mendapat penghargaan sebagai UPT dengan layanan pembinaan terbaik di Jawa Tengah pada tahun 2022, serta mendapat penghargaan terbaik atas pelaksanaan
layanan P2HAM,” tuturnya.

“Dalam bidang pembinaan kemandirian, kami bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Semarang, PT. Philnesia International-Semarang, Yayasan Kinanthi Wastra Batik Semarang, dan stakeholder lainnya. Kami juga sudah memiliki LPK ‘Bina Mandiri’ sehingga warga binaan yang mengikuti pelatihan akan tersertifikasi,” terang Tri Saptono.

Sementara itu dalam upaya peningkatan kualitas SDM, Tri Saptono bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 yang telah menyelenggarakan perkuliahan S1 dan S2 hukum bagi pegawai Lapas Kelas I Semarang.

Pada kesempatan ini, Tri Saptono didampingi istri berpamitan untuk menunaikan tugas baru dengan jabatan barunya sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Tengah.

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para stakeholder, dan seluruh petugas Lapas atas kerja sama yang baik selama ini, hingga mampu mencapai target yang direncanakan.

Ning S