Api ungguh sebagai salah satu acara KMD

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kegiatan Kursus Mahir Dasar Sakoma Jepara yang digelar selama 5 hari mulai tanggal 30 September-1 Oktober 2023 dan tanggal 6, 7, dan 8 Oktober 2023 secara resmi ditutup oleh Kak Nur Aini, Waka Binawasa mewakili Ketua Kwartir Cabang  Gerakan Pramuka Jepara. Didampingi Tim Pelatih Pusdiklatcab Jepara dan Pengurus Sakoma Jepara acara penutupan berjalan khidmat dan mengharukan.

Kak Harianto serahkan bendera kegiatan kepada Kak Salamun, Pjs. Ka. Pusdiklatcab Jepara

Kebersamaan belajar di forum KMD sangat membekas di hati para peserta. Mereka benar-benar merasakan nikmatnya menjadi Pramuka. ” Awalnya saya mengira kegiatan KMD membosankan. Namun setelah saya ikuti sangat menyenangkan, meskipun banyak tugas yang harus diselesaikan. Berkat kebersamaan semua tugas dapat dilewati,” tutur Arif Amiruddin, salah satu peserta.

Hal yang sama dirasakan oleh Panitia Pelaksana. ” Alhamdulillah kegiatan KMD berjalan lancar dan sukses, meskipun dalam suasana berkabung karena ada musibah kepergian Kak Tyo,” tutur Kak Saifur Rohman, Sekretaris Jendral Sakoma Jepara.

Acara Penutupan KMD Sakoma Jepara

Kursus Mahir Dasar ( KMD) yang digelar di MA Miftahul Huda Bulungan telah melahirkan 122 Pembina bersertifikat, meskipun ada 2 peserta yang ditangguhkan kelulusannya. ” Peserta yang ditangguhkan kelulusannya harus mengulang sesuai hari yang ditinggalkan, ” ujar Kak Salamun, selaku Pjs. Ka.Pusdiklatcab Jepara.

Kak Ahmad Shohib mewakili Sakoma Jepara menyampaikan terima kasih kepada Tim Pelatih yang telah membersamai KMD dengan sabar, berbagi ilmu dan pengalaman.

Foto bersama pelatih dan sebagian peserta KMD

” Apresiasi dan penghargaan kepada Tim Pelatih yang dengan sabar dan ikhlas berbagi ilmu dengan peserta KMD dan permohonan maaf bila masih ada kekurangan di sana-sini. Selamat bagi yang lulus dan tetap semangat bagi yang ditangguhkan kelulusannya,” papar Kak Shohib, Koordinator Bidang Bina Satuan Sakoma Jepara.

Kak Suwikdi,  Koordinator Binawasa Sakoma NU Jepara berharap agar Kursus Mahir Dasar ini ada tindak lanjutnya sehingga ilmu dan pengalaman yang diperoleh di KMD dapat dieksplorasi di Gugus Depan masing-masing.

Menurut Kak Wikdi, panggilan akrabnya paling tidak ada 3 agenda yang dapat dilakukan oleh lulusan KMD Sakoma Jepara.

Acara Penutupan KMD Sakoma Jepara

Pertama, Setelah KMD semua peserta dapat mengikuti masa pengembangan ( Narakarya Dasar/ Satu) sebagai syarat mengikuti KML. Kemudian kedua untuk meningkatkan pengetahuan kepramukaan Sako Ma’arif NU akan membuat kegiatan Gelang Ajar, atau Karang Pamitran dan ketiga, setelah selesai masa pengembangan Sako Ma’arif NU Jepara akan melakukan kerjasama dengan Pusdiklatcab Jepara untuk menyelenggarakan KML Golongan Siaga, Golongan Penggalang, dan Golongan Penegak.

Hadepe – Sub