blank
Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, memberikan keterangan pers usai menghadiri rakor kewaspadaan wilayah terhadap bencana kebakaran, Senin (9/10/2023) sore. Insert: Helikopter melakukan water boombing di TPA Jatibarang beberapa hari lalu. Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kota Semarang berencana akan menggunakan kembali helikopter super puma yang digunakan untuk water bombing di TPA Jatibarang Semarang. Selasa (10/10/2023) pagi helikopter yang dioperasionalkan BNPB dijadwalkan akan melakukan pemadaman.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengatakan, hingga kini penanganan kebakaran di TPA Jatibarang terus berlanjut dan penanganannya terus dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan teknik water bombing untuk membantu pemadaman.

“Sore ini helikopternya yang untuk water bombing dijadwalkan datang, semoga besok Selasa sudah bisa dilakukan pemadaman,” kata Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayau usai rakor Kewaspadaan Wilayah Terhadap Bencana Kebakaran, Senin (9/10/2023) sore.

Helikopter jenis Super Puma yang digunakan untuk water bombing datang lengkap dengan personelnya. Sebelumnya helikopter BNPB tersebut datang usai penanganan kebakaran lahan di wilayah Kalimantan.

“Berangkat dari Kalimantan ke Surabaya lalu ke Semarang. Besok Selasa pagi diupayakan pemadaman di TPA Jatibarang,” jelasnya.

Lebih jauh Mbak Ita mengungkapkan, dirinya belum mengetahui pasti penyebab kembali terbakarnya TPA Jatibarang yang terjadi beberapa waktu lalu. Namun, ada dugaan kejadian tersebut karena adanya human error atau kelalaian manusia.

“Kita nggak mau berburuk sangka ya. Bisa saja dari adanya human error karena itu kan lokasinya di pinggir jalan,” katanya.

Hery Priyono