blank
Jembatan kaca Kemuning Sky Hills. Foto: Kholifatun Maulintia Fajriati

KAWASAN wisata Kemuning di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah adalah tempat yang mungkin sudah dikenal oleh banyak wisatawan. Kawasan ini terkenal karena hamparan kebun tehnya yang indah dan pemandangan Gunung Lawu yang dapat dilihat dengan jelas saat cuaca cerah.

Kini ke Kemuning, tak hanya menikmati keindahan hamparan kebun teh dan kesejukan hawa di punggung Gunung Lawu. Salah satu tujuan wisata yang kini populer di sana adalah Kemuning Sky Hills.

Kemuning Sky Hills adalah Destinasi Wisata berupa jembatan kaca yang membentang di atas hamparan kebun teh. Destinasi ini terletak di Sumbersari, Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Tempat ini dibuka untuk umum pada 1 Januari 2023 melalui kerja sama antara Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, PT Rumpun Sari Kemuning, serta The Lawu Group sebagai pengelola.

Jembatan kaca di Kemuning Sky Hills memiliki panjang 65 meter dengan ketinggian 60 meter.

Pengunjung dapat mengamati kebun teh yang luas di bawah jembatan melalui kaca tembus pandang.

Melintasi jembatan kaca ini, sangat cocok bagi mereka yang suka aktivitas yang meningkatkan adrenalin.  Ketika cuaca cerah, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Lawu dari atas jembatan kaca. Di malam hari, Anda dapat menyaksikan kerlap-kerlipnya lampu-lampu perkotaan.

Selain berjalan di atas jembatan kaca, wisatawan dapat menjelajahi Kebun Teh Kemuning dan Bukit Teletubbies. Pengelola juga menawarkan paket jeep tour untuk mengelilingi kebun teh serta objek wisata lainnya di sekitar Kemuning Sky Hills.

blank
Kemuning Sky Hills. Foto: Kholifatun Maulintia Fajriati

Biaya tiket masuk Kemuning Sky Hills adalah Rp 10.000 per orang, berlaku baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Dengan tiket ini, Anda dapat mengunjungi Kebun Teh Kemuning dan Bukit Teletubbies.

Untuk pengalaman berjalan di atas jembatan kaca, Anda perlu membayar tambahan sebesar Rp 30.000 per orang. Kemuning Sky Hills buka setiap hari. Jam buka Kemuning Sky Hills mulai pukul 09.00 hingga 18.30 WIB.

Meski akses jalan menuju lokasi agak berliku dan berombak, pengelola menyatakan bahwa bus medium masih dapat digunakan untuk mencapai Jembatan Kaca Kemuning ini.

Jembatan kaca ini berencana akan memiliki panjang total 120 meter, hal itu membuat jembatan kaca di Kemuning Sky Hills digadang-gadang sebagai yang terpanjang di Jawa Tengah.

meskipun saat ini masih dalam tahap penyelesaian dan belum sepenuhnya selesai, tetapi objek wisata ini sudah dapat memberikan pemandangan indah bagi pengunjungnya.

Kholifatun Maulintia Fajriati -Mg