blank
Para pencari kerja mengikuti seleksi tes. Foto: Dok/UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Job Fair ke-44 Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang digelar selama dua hari dengan menawarkan 33 perusahaan berhasil menjaring lebih dari 1000 pencari kerja.

Tidak hanya alumni UKSW, pencari kerja juga berasal dari lulusan SMA, SMK maupun masyarakat Salatiga dan sekitarnya.

Di hari kedua Job Fair UKSW pada Jumat (6/10/2023) di Balairung Universitas, nampak beberapa perusahaan mengadakan seleksi kerja mulai dari seleksi berkas, wawancara hingga tes tertulis. Seleksi kerja dilakukan langsung di stand setiap perusahaan.

Tak hanya dilakukan di masing-masing stand perusahaan, ada juga perusahaan melakukan seleksi di ruangan yang tidak jauh dari Balairung Universitas, yakni di ruang ABX 104, ABX 106, GX 205, GX 301 dan G 204.

Ketua Panitia, Theresia Evy Yeniarti, S.E., mengatakan sejumlah perusahaan seperti PT Bina Karya Prima, PT BFI Finance Indonesia Tbk, PT Golden Tekstil Indonesia dan PT Waleta Asia Jaya melakukan proses tahapan seleksi tes tertulis dan wawancara bagi pelamar kerja. Tak berhenti pada hari kedua, beberapa perusahan lainnya juga menjadwalkan seleksi pencari kerja pada Sabtu (7/10/2023) baik secara online maupun offline.

blank
Pencari kerja mengikuti tes. Foto: Dok/UKSW

“Selain perusahaan, beberapa sekolah seperti Global Prestasi School dan PPPK Petra juga melakukan tes tertulis, microteaching dan wawancara,” katanya.

Dikatakan, yang membedakan Job Fair UKSW ke-44 ini yaitu terdapat salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pegadaian yang bergabung menjadi peserta Job Fair UKSW. Tak hanya itu, dalam Job Fair UKSW kali ini beberapa perusahaan telah melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah fakultas yang ada di UKSW.

Mendapatkan kandidat

Manager Dept Talent Acquisition Kantor Pusat PT Pegadaian Jakarta, Mochammad Sapto P. N., mengungkapkan rasa syukur karena untuk pertama kalinya bisa bergabung dalam Job Fair UKSW. Saat ini PT pegadaian menyediakan lowongan di bidang Information Technology (IT) dengan sistem seleksi kerja yang akan dilakukan secara online.

“Tesnya kita undang melalui email, PT Pegadaian tidak ada tes offline, semua tahapan dilakukan secara online. Tahapan tesnya terdiri dari seleksi berkas, tes psikotes, interview, coding dan sebagainya,” ungkapnya.m

Ia mengungkapkan, banyak alumni UKSW telah bergabung di PT Pegadaian. Diharapkan melalui Job Fair UKSW kali ini PT Pegadaian mendapatkan kandidat dari UKSW.