blank
Ilustrasi nyeri lutut saat berjalan. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Lutut atau dengkul merupakan sendi yang menghubungkan femur dan tibia. Karena pada manusia lutut menyokong hampir seluruh berat tubuh terutama saat berdiri, berjalan, berlari, serta melompat lutut sangat rentan baik terhadap cedera akut maupun timbulnya osteoarthritis. Lutut sendiri tersusun atas tulang kering, tulang rawan, ligamen, otot, serta tendon.

Semua komponen ini diperlukan agar manusia bisa melakukan gerakan dengan kaki. Jika terjadi gangguan pada salah satu bagian lutut, maka Anda akan merasakan sakit atau nyeri ketika berjalan.

Ada banyak penyebab nyeri lutut mulai dari cedera seperti ketegangan, terkilir, ligamen sobek, dan tulang rawan robek, hingga kondisi seperti osteoartritis, tendonitis (tendon yang meradang) dan bursitis (terdapat penumpukan cairan pada bursa, kantung cairan yang menutupi sendi lutut).

Baca Juga: Tips Menghilangkan Rasa Nyeri pada Kaki Saat Bangun Tidur

Dilansir dari Suara.com, berikut lima penyebab lutut sakit saat berjalan yang perlu Anda ketahui.

1. Tendonitis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa tendon menjadi salah satu bagian penting dalam komponen penyusun lutut. Saat tendon mendapatkan tekanan berlebih karena aktivitas berat seperti mengangkat beban dan melompat, maka tendon bisa mengalami peradangan.

Kondisi ini bisanya ditandai dengan rasa sakit ketika Anda berjalan. Tak hanya pada lutut, tendonitis juga dapat terjadi pada siku, pergelangan kaki, serta tumit.

2. Tulang Rawan Robek

Lutut memiliki tulang rawan yang disebut meniskus. Bagian tulang ini bertugas sebagai peredam getaran untuk tulang kering dan tulang paha. Sayangnya, meniskus sangat rentang robek, terlebih jika Anda sering melakukan putaran lutut secara tiba-tiba. Salah satu tanda dan gejalanya berupa rasa sakit ketika berjalan atau gerakan lain yang menggunakan kaki.

Baca Juga: Ini Manfaat Air Jahe, Diantaranya untuk Mengatasi Nyeri

3. Radang Sendi

Radang sendi atau dalam istilah medis disebut arthritis, merupakan peradangan yang terjadi pada salah satu atau beberapa persendian. Jenis radang sendi yang kerap terjadi pada lutut kaki adalah osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Akibatnya, penderita akan mengalami rasa sakit dan kesulitan saat berjalan.

Osteoarthritis disebabkan oleh proses pengikisan lapisan sendi akibat faktor usia dan obesitas. Sedangkan rheumatoid arthritis dipicu oleh penyakit autoimun yang menyerang persendian tubuh, termasuk sendi lutut.

4. Cedera Ligamen Lutut Anterior

Jenis cedera yang satu ini lebih sering dialami oleh para atlet akibat robeknya ligamen dari perubahan arah gerak atau penambahan beban secara mendadak. Saat mengalami cedera ACL, para penderita biasanya merasakan nyeri hebat pada lutut saat berjalan, atau sekedar digerakkan.

Baca Juga: Tips Nyeri Pada Pinggang Ketika Pagi Hari

5. Penyakit Osgood-Schlatter

Penyakit yang cenderung dialami para remaja ini dapat terjadi akibat peradangan pada area bawah lutut tempat tendon dari tempurung lutut (tendon patela) menempel pada tulang kering (tibia). Risiko penyakit akan meningkat jika para remaja yang sedang berada dalam masa pertumbuhan sering melakukan aktivitas berat.

Jika Anda mengalami rasa sakit ketika berjalan, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, pemberian kompres dingin bisa dilakukan untuk meringankan gejala. Itulah tadi pembahasan tentang lima penyebab lutut sakit saat berjalan yang perlu Anda ketahui, semoga bermanfaat!

Claudia