blank
WISUDA - Sebanyak 1.059 mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal bersiap untuk diwisuda. (Foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Politeknik Harapan Bersama (Harber) Kota Tegal, Jawa Tengah mewisuda 1.059 mahasiswa. 2 program studi pada jenjang Sarjana Terapan dan 8 program studi pada jenjang Diploma 3. Wisuda berlangsung di Bahari Inn Jalan Dr Wahidin Sudirohusodo Rabu (04/10/2023).

Direktur Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal, Agung Hendarto dalam keterangannya menyampaikan, dari 1.059 yang diwisuda masing-masing dari Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika sejumlah 114 wisudawan dan Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik sejumlah 35.

Untuk Program Studi Diploma-3 Teknik Elektronika sejumlah 42 wisudawan, Program Studi Diploma-3 Teknik Mesin sejumlah 103, Program Studi Diploma-3 Teknik Komputer sejumlah 249, Program Studi Diploma-3 Akuntansi sejumlah 254, Program Studi Diploma-3 Perhotelan sejumlah 22, Program Studi Diploma-3 Desain Komunikasi Visual sejumlah 65, Program Studi Diploma-3 Kebidanan sejumlah 37, dan Program Studi Diploma-3 Farmasi sejumlah 138 wisudawan.

“Harapan kami semua lulusan dapat terserap di dunia industri yang sesuai dengan kompetensi wisudawan. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan sesuai standar dunia kerja, serta budi pekerti yang baik, merupakan bentuk pertanggungjawaban Politeknik Harapan Bersama kepada orang tua, masyarakat dan bangsa, sebagai kampus vokasi yang unggul dan berkualitas,” kata Agung Hendarto.

Agung menjelaskan, Tahun 2023 Politeknik Harapan Bersama berhasil menjadi Politeknik Swasta Terbaik di Indonesia versi SINTA (Science and Technology Index) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Politeknik Harber saat ini memiliki 11 Program Studi Inovatif dan Unggulan dengan status akreditasi seperti 4 Program Studi dengan predikat Baik Sekali, pada Program Studi D-3 Kebidanan, D-3 Farmasi, D-3 Teknik Komputer, dan D-3 Teknik Mesin.

Sedangkan 3 Program Studi dengan predikat B, pada Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika, D-3 Teknik Elektronika, dan D-3 Akuntansi.

3 Program Studi dengan predikat Baik, pada Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik, D-3 Desain Komunikasi Visual, dan D-3 Perhotelan, dan 1 Program Studi D-3 Keperawatan menuju proses akreditasi.

Politeknik Harber memiliki 122 dosen dengan 117 Dosen ber-NIDN. Dosen tersebut telah memiliki jabatan fungsional sebagai Asisten Ahli sebanyak 54 dosen, Lektor 200 sebanyak 35 dosen, Lektor 300 sebanyak 20 dosen dan Lektor Kepala 1 dosen. “Untuk terus meningkatkan kompetensi SDM pengajar, saat ini Politeknik Harber memiliki 7 doktor, dan 12 calon doktor,” terangnya.

Sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat serta peningkatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selama tahun akademik 2022/2023 Politeknik Harber memberikan Hibah untuk penelitian dan pengabdian masyarakat serta penulisan jurnal dengan total Rp 683.200.000. Selain Hibah dari Institusi, pada Tahun Akademik 2022/2023 dosen Poltek Harber juga mnendapatkan hibah dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dengan total Rp 1.561.409.000, di antaranya Program Competitive Fund Vokasi, Program Matching Fund Vokasi, Program Penelitian Produk Vokasi (P2V), Program Pengabdian Kepada Masyarakat dan Program Non Degree Peningkatan Kompetensi Dosen Vokasi.

Untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, saat ini jumlah Tenaga Kependidikan yang ada di Politeknik Harber sejumlah 97 orang dan jumlah laboran ada 18 orang. Saat ini sudah 46 orang Tendik yang memiliki NITK (Nomor Induk Tenaga Kependidikan).

“Selama Tahun Akademik 2022/2023 Poltek Harber telah memberikan beasiswa kepada mahasiswa dengan total Rp 1.109.250.000,” tutup Agus.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Bersama, Sudirman Said berpesan untuk selalu menjaga integritas, membangun kompetensi, membangun relasi pertemanan, dan terus menerus untuk belajar. “Kalau kita mau terus tumbuh, berkembang, dan diterima dimana-mana maka Nomor satu integritas, kompetensi, membangun jejaring, dan belajar tanpa henti,” kata Sudirman.

Fokus Poltek Harber fokasi, pendidikan ketrampilan. “Jadi kita berharap wisudawan siap memasuki dunia kerja dengan bekal yang sudah diberikan,” pungkasnya.

Sutrisno