blank
Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menyerahkan piagam penghargaan kepada Suryo, sebagai pegawai teladan di bulan September 2023. Foto: Dok/Lapas

“Saya apresiasi atas dedikasi yang dilakukan petugas, Suryo. Dengan sigap dan cekatan berhasil memadamkan api yang tiba-tiba muncul di blok hunian, blok A kamar nomor 18,” kata Tri Saptono, Kamis (5/10/2023).

Ia mengatakan, memang belum diketahui pasti apa penyebab utama munculnya percikan api. Pihaknya akan melakukan pengecekan lagi terkait hal-hal yang menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di blok hunian Lapas.

“Kita akan cek kembali hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan kamtib semacam ini, untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Kalapas menegaskan, jajaran pemasyarakatan harus tetap berpegang teguh pada 3 kunci pemasyarakatan maju plus back to basics.

Aspek 3 kunci pemasyarakatan maju yakni dengan melakukan deteksi dini, pemberantasan
narkoba, dan membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

“Mari laksanakan back to basics dalam lingkungan kerja kita dengan kembali implementasikan prinsip-prinsip dasar pemasyarakatan. Lakukan deteksi dini, dan patuhi peraturan dengan tetap berpegang pada kode etik petugas pemasyarakatan,” tegas Tri Saptono.

Ning S