blank
Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam ungkap kasus operasi sikat jaran candi 2023. Foto: Dok/Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Selama gelaran Operasi Sikat Jaran Candi 2023, Polda Jawa Tengah dan Polres jajaran berhasil mengamankan 293 tersangka dengan barang bukti 379 kendaraan roda dua, dan 10 kendaraan roda empat.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, sebanyak 293 tersangka ditangkap dari hasil pengungkapan 397 kasus tindak pidana pencurian selama operasi sikat jaran candi berlangsung.

“Saat operasi berlangsung, berhasil diamankan ratusan barang bukti kendaraan yang merupakan hasil curian,” ujar Luthfi saat ungkap hasil operasi sikat jaran candi 2023, di Mapolda Jateng, Rabu (4/10/2023).

Luthfi menyebut, ada kasus menonjol yang terjadi, seperti pengancaman dengan senjata api yang terjadi di wilayah Banyumas.

Menurutnya, pengungkapan kasus terbanyak saat berlangsungnya operasi sikat jaran candi 2023 dilakukan Polresta Pati, yakni 44 kasus dengan 41 tersangka, disusul Polresta Banyumas ada 40 kasus dengan 11 tersangka, dan Polrestabes Semarang terdapat 33 kasus dengan 32 tersangka.

Selain mengamankan ratusan tersangka dan ratusan barang bukti kendaraan roda dua dan roda empat, pihaknya juga mengamankan barang bukti senjata api, sajam, uang tunai dan lainnya.

Luthfi mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan melaporkan segala tindak kejahatan kepada pihak kepolisian. Pihaknya melakukan penegakkan hukum dengan pendekatan metode Scientific Crime Investigation dalam rangka memberikan Detterent Effect kepada pelaku tindak pidana.

Luthfi menyebut, barang bukti hasil kejahatan ini akan dikembalikan kepada pemiliknya, sebagai bentuk pelayanan yang memudahkan masyarakat.

Ning S