blank
Ilustrasi udang. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Udang adalah hewan kecil yang tidak memiliki tulang belakang (invertebrata) yang tempat hidupnya adalah di dasar lautan atau danau. Udang merupakan salah satu makanan laut yang kaya akan nutrisi. Udang juga mengandung berbagai mineral penting yang dibutuhkan tubuh, seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan zinc.

Ketika kita makan udang yang dimasak setengah matang atau dalam keadaan mentah yang enggak dibuang kotorannya, bisa jadi kita kena keracunan makanan, lho! Sama seperti daging yang lain, udang mentah, khususnya di bagian kotorannya bisa jadi punya kandungan bakteri E. coli yang bisa meracuni tubuh kita.

Keracunan setelah makan udang dapat terjadi bila udang tidak disiapkan dan dimasak dengan benar. Udang yang masih kotor atau mentah dapat mengandung bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan. Gejalanya bisa berupa sakit kepala, mual, muntah, dan diare.

Baca Juga: Dapat Dijadikan Pestisida Alami, Ini 3 Manfaat Limbah Kulit Udang

Setelah mengonsumsi udang, disarankan ada jeda bila Anda hendak minum susu. Jeda waktunya dengan makan udang yakni sekitar 4 jam. Sebab, mengonsumsi susu bisa memicu reaksi alergi, bila dibarengi atau setelah makan udang.

Berikut ini 3 resiko mengonsumsi udang yang kurang matang atau tidak dibersihkan secara baik bagi tubuh.

1. Dikhawatirkan Mengandung Bakteri Vibrio

Udang memang merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh. Melansir dari situs hellosehat.com, kandungan protein, mineral, kalsium dan senyawa lainnya yang terdapat dalam udang memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Namun, udang juga memiliki kandungan bakteri yang cukup banyak apabila tidak termasak dan dibersihkan secara baik.

Melansir dari situs doktersehat.com, udang mengandung bakteri jenis Vibrio yang merupakan salah satu bakteri yang berbahaya bagi tubuh, Bakteri ini sejatinya bisa dihilangkan apabila udang tersebut mengalami proses pembersihan dan pemasakan secara baik. Bakteri ini dapat menimbulkan resiko terjadinya diare berat yang disertai muntah. Bahkan, dalam beberapa kasus juga dapat membuat penderitanya mengalami kondisi kritis.

Baca Juga: Seledri Sering Dijadikan Lalapan, Tapi Taukah Kamu Manfaatnya? Yuk Simak

2. Menyebabkan Keracunan Hingga Demam

Orang yang mengonsumsi kuliner berbahan udang yang kurang matang atau tidak dibersihkan secara baik beresiko untuk terkena paparan beragam jenis penyakit yang disebabkan bakteri dalam tubuh udang tersebut. Melansir dari artikel dalam jurnal “National Library of Medicine”, udang mengandung beberapa bakteri seperti Salmonella, E. Coli dan Bacillus yang cukup berbahaya apabila terkontaminasi dalam tubuh.

Bahkan, udang juga disebutkan dapat mengandung Norovirus yang merupakan salah satu virus berbahaya bagi manusia. Bakteri tersebut dapat menyebabkan keracunan, diare, pusing, demam bahkan bisa menyebabkan penderita meninggal dunia apabila tidak ditangani secara baik. Hal inilah yang membuat mengonsumsi udang yang kurang matang sangat tidak dianjurkan bagi dunia kesehatan.

3. Mengandung Cemaran Logam dan Timbal

Sebagai salah satu jenis fauna pengurai di lautan atau habitat perairan. Udang sangat dimungkinkan dapat mengandung cemaran logam, timbal dan zat berbahaya lainnya, khususnya di bagian kotoran udang tersebut. Melansir dari situs doktersehat.com, cemaran zat berbahaya tersebut dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan apabila dapat masuk ke tubuh manusia. Namun, hal tersebut bisa dihindari apabila udang tersebut dibersihkan dan dimasak secara baik hingga matang.

Nah, itulah beberapa resiko yang dapat diterima oleh tubuh apabila mengonsumsi udang yang kurang matang, mentah atau tidak dibersihkan dengan baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Claudia