Bantuan air bersih dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) RSI Sultan Hadlirin Jepara bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

JEPARA (SUARABARU.ID)- Bencana kekeringan melanda beberapa wilayah di Kabupaten Jepara akibat perubahan iklim ekstrem. Kekeringan menyebabkan kesulitan air bersih bagi masyarakat, terutama di daerah-daerah yang sumber airnya menyusut atau kering. Bantuan air bersih menjadi salah satu kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan lembaga-lembaga kemanusiaan.

Salah satu lembaga yang memberikan bantuan air bersih adalah Unit Pengumpul Zakat (UPZ) RSI Sultan Hadlirin Jepara bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dalam kegiatan tersebut UPZ RSI Sultan Hadlirin Jepara mendistribusikan air bersih sebanyak 15.000 liter ke desa Clering dan Kedung Malang.

Warga terdampak merasa sangat terbantu datangnya air bersih dari Unit Pengumpul Zakat (UPZ) RSI Sultan Hadlirin Jepara

Dijelaskan oleh Sholekan, Ketua UPZ RSI Sultan Hadlirin Jepara, bahwa bantuan air bersih tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh keluarga besar RSI Sultan Hadlirin Jepara untuk warga masyarakat yang membutuhkan bantuan air bersih selama bencana kekeringan ini.

“Alhamdulillah kami ikut berkontribusi atas penanggulangan bencana kekeringan yang menimpa saudara-saudara kita di Jepara. Meskipun tidak seberapa, tetapi insyaallah sangat membantu”, ujar pria yang akrab dipanggil Sholekan itu, Jumat (29 September 2023)

Dalam kesempatan pendistribusian air bersih, para pengurus UPZ juga melakukan diskusi dengan warga yang menerima bantuan air bersih. Tidak sedikit dari warga yang mengantri menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada RSI Sultan Hadlirin Jepara. Hal ini karena bantuan yang diberikan sangat bermanfaat dan tepat sasaran.

“Kami berharap dan tentunya mendorong kepada teman-teman muzaki dan karyawan RSI kiranya berkenan membantu saudara kita yang saat ini memperoleh musibah kekeringan. Semoga makin banyak yang membantu!”, sebut Panji, sekretaris UPZ yang hadir secara langsung di lokasi pendistribusian air bersih dan melakukan dialog dengan ibu-ibu yang mengantri.

Sebagai informasi bahwa pada tanggal 29 dan 30 September 2023 UPZ RSI Sultan Hadlirin Jepara bekerjasama dengan BPBD menyalurkan bantuan air bersih ke 2 desa yang terdampak bencana kekeringan.

“Alhamdulillah amanah dari para muzaki dan juga karyawan RSI Sultan Hadlirin Jepara bisa kami jalankan dengan baik. Dan semoga hal ini menjadi inspirasi bagi kami untuk terus berbuat kebaikan bagi yang membutuhkan bantuan. Hal ini juga sekaligus bentuk kehadiran RSI Sultan Hadlirin Jepara di tengah masyarakat”, kata Sholekan.

Hadepe –  AF