Wakapolres Kompol Andi M Akbar Mekuo (kanan menghadap lensa) tampil menjadi pembina upacara di halaman SMP Kanisius, Sanggrahan, Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya menekan tindak kenakalan remaja, Senin (2/10), Wakapolres Wonogiri Kompol Andi M Akbar Mekuo tampil menjadi Pembina Upacara di SMP Kanisius Wonogiri.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di sekolah, Senin (2/10), bersamaan dengan Hari Batik Nasional Tanggal 2 Oktober 2023. Para guru, karyawan sekolah dan murid, hadir mengikuti upacara dengan mengenakan busana batik aneka corak.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo, mengabarkan, kehadiran Polri dalam program Police Goes To School di upacara sekolah, ini menjadi bentuk kepedulian terhadap para siswa sebagai generasi penerus bangsa.

Dalam amanatnya selaku Pembina Upacara, Wakapolres Kompol Andi Mohammad Akbar Mekuo, menyampaikan beberapa pesan Kamtibmas. Juga mengenai kedisiplinan pelajar, agar siswa-siswi mentaati tata tertib sekolah, bersikap santun kapanpun dan dimanapun berada, serta menghindari tindak kenakalan remaja.

Lakalantas

Kepada para siswa, diseru untuk disiplin dan mentaati aturan dalam berlalulintas. Hal ini penting, mengingat angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Wonogiri cukup tinggi. Jumlah kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di Kabupaten Wonogiri periode Januari-September 2023 mencapai sebanyak 1.323 kejadian.

Wakapolres, menambahkan, beberapa hari yang lalu dunia pendidikan kembali lagi tercoreng oleh kejadian persetubuhan guru pada muridnya. Selain itu, juga viral adanya pemberitaan tentang bulying. Terkait ini, Wakapolres, minta agar para pelajar senantiasa menghindari perbuatan tercela yang dapat merugikan masa depan.

Para siswa diminta untuk sadar diri tentang arti pentingnya patuh jukum, serta mampu menjaga diri dari perbuatan tercela. Hindari penyalahgunaan narkoba, kenakalan remaja, tawuran, kekerasan pelajar, bullying serta bentuk-bentuk kenakalan remaja lainya.

Disampaikan, kegiatan Polisi Goes To School, merupakan Program Kerja Kapolres Wonogiri, dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Juga untuk mencegah terjadinya tawuran siswa, kekerasan pelajar serta kenakalan remaja lainnya.
Bambang Pur