Memandang keindahan dari puncak Bukit Manggir Todanan Blora. Fot; Tangkapan layar youtube Max Mix Channel

GUNUNG manggir merupakan wisata yang berada di perbukitan Manggir, Desa Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Bukit Manggir adalah gugusan perbukitan kapur yang terletak di Desa Ngumbul, kurang lebih empat puluh kilometer arah barat alun-alun kota Blora. Pepohonan menyelimuti permukaan bukit ini, sehingga suasana di lereng dan puncak Manggir lumayan sejuk.

Gunung Manggir sendiri juga merupakan dataran tertinggi se-Kabupaten Blora dengan ketinggian kurang lebih 500 mdpl dari permukaan laut.

Tentunya untuk Gunung Manggir ini, sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Blora pada umumnya, khususnya bagi anak-anak muda yang hobi  berpetualang. Mengingat lokasi Gunung Manggir sendiri masih sangat alami.

Yang tentunya, kearifan lokal masyarakat setempat masih sangat dipegang teguh.

“Jalur yang lumayan ekstrem, cocok untuk teman teman yang suka berpetualang,” ujar Hilmy warga Blora.

Dari puncak Bukit Manggir, terlihat pemandangan persawahan yang menghijau mengelilingi bukit. Dijamin perjalanan menuju puncak akan terbayar lunas dengan pemandangan-pemandangan  alam yang disajikan.

Lanskap pemandangan indah dari Bukit Manggir. Foto: Tangkapan layar youtube Max Mix Channel

Di area yang sama terdapat Gua Mangklih, sebuah gua alami dengan tumpukan tipis endapan mineral yang jatuh dari atap hingga ke lantai gua yang menyerupai pilar-pilar alam yang menyangga atap gua.

Selain itu, di Gua Mangklih terdapat sebuah sendang (mata air) dengan air yang jernih. Banyak petualang Gua Mangklih yang meminum langsung air di sendang tersebut dan merasakan kesegarannya.

“Alamnya sangat sejuk, bisa melihat pemandangan luas persawahan dan beberapa gungung dari atas Gunung Manggir,” ujar Siti warga Blora.

Berwisata ke perbukitan Manggir dapat dilakukan dengan mobil atau pun dengan kendaraan roda dua. Akses jalan menuju perbukitan Manggir saat ini telah cukup baik.

Sepanjang perjalanan, di kanan-kiri jalan terdapat banyak warung sehingga para pengunjung tidak perlu membawa bekal makanan dari rumah.

Empat kilometer di sebelah timur perbukitan Manggir terdapat obyek wisata unggulan Kecamatan Todanan, Gua Terawang.

Fasilitas yang ada di Gunung Manggir

Wisata Gunung Manggir di Todanan Blora Jawa Tengah bisa disebut sebuah wisata gunung yang memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut : – Area Parkir kendaraan – Musala – Kamar mandi / MCK – Penginapan – dan masih banyak lainnya

Rute untuk menuju lokasi tempat wisata

Gunung Manggir di Dukuh Manggir, Desa Ngumbul, Todanan, Blora. Dari alun-alun Blora sekitar 41 km atau sekitar 1:20 menit ke arah Barat Laut melewati 3 Kecamatan yaitu Tunjungan, Ngawen dan Japah.

Jadi tunggu apa lagi yuk datang ke Wisata Gunung Manggir.

Hayatun Nufus Kamila- Mg