blank
Foto bersama setelah kegiatan moderasi beragama. Foto: DOk KKN IAIN Kudus

BLORA (SUARABARU.ID) – KKN IAIN (Istitut Agama Islam Negeri) Kudus menggelar penguatan moderasi beragama pada anak Sekolah Dasar Negri (SDN) Desa Sendangmulyo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora, Selasa tanggal 26 September 2023.

Dalam sambutan Ketua Tim KKN IAIN Kudus M Labib Khilmi mengucapkan terima kasih kepada Kepala Sekolah yang telah memfasilitasi program kerja kami di SDN Sendangmulyo. Kegiatan Penguatan Moderasi Beragama pada anak SD ini diharapkan memberi pemahaman tentang menjalankan Agama sesuai yang dianut pada anak agar tidak terlalau ekstrim dalam beragama.

M Labib mengatakan, Indonesia sebagai sebuah negara yang memuat banyak sekali keberagaman yang terdiri dari keberagaman suku, bangsa, bahasa, adat istiadat dan agama. “Hal ini tentu sebuah upaya untuk,memberi pemahan mengenai  moderasi beragama sejak usia dini dinilai sangat penting untuk menghadapi tantangan dalam masyarakat yang berbeda-beda agama,’’ kata M Labib Khilmi.

Jika sejak dini anak-anak memiliki pemahaman yang kuat dan mampu menghargai perbedaan,maka akan lebih mudah bagi mereka untuk hidup dalam harmoni keberagaman Agama yang ada di Indonesia,’’kata M Labib Khilmi.

Kepala Sekolah SDN Sendangmulyo, Ika Wahyu Cahyaningtyas S Pd, mengapresiasi para mahasiswa KKN. Dia berharap, kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi siswa mereka.

“Kami sangat berterima kasih atas kerja keras mahasiswa dalam membantu memberikan pemahaman mengenai tentang Moderasi Beragama kepada siswa kami. Acara dihadiri kurang lebih 90 anak yang terdiri dari kelas empat,lima dan enam.Semoga kerja sama ini dapat berlanjut di masa depan,” kata Ika Wahyu Cahyaningtyas S Pd.

Lailul Huda-Mg