Bagasi motor (ilustrasi). Foto: Aninda

SEPEDA motor baru sekarang memberikan ruang yang besar untuk menyimpan barang atau ruang bagasi. Pengendara bisa menyimpan barang-barang termasuk helm yang ukurannya cukup besar di dalamnya.

Tetapi, perlu diingat tidak semua barang bisa disimpan di bagasi bawah jok motor. Karena barang tersebut berbahaya. Bahkan dapat membahayakan keselamatan pengendara dan kendaraan itu sendiri.

Jadi, anda sebaiknya harus mengetahui barang apa saja yang tidak boleh disimpan dalam jok motor. Berikut ini daftar barangnya…

Barang elektronik

Barang–barang elektronik seperti smartphone, laptop, powerbank tidak boleh dimasukkan di jok motor.

Mengapa? Karena suhu panas dalam jok motor dikhawatirkan bisa menimbulkan ledakan. Hal ini dapat terjadi karena letak jok motor yang berdekatan dengan mesin motor bisa menghasilkan suhu sangat panas dan berpotensi menimbulkan ledakan.

Dan, ini sudah terbukti, beberapa waktu lalu sempat muncul video viral motor matik yang meledak, dan ternyata sumbernya dari ponsel yang disimpan di jok motor.

Parfum

Parfum juga sangat berbahaya jika dimasukkan ke dalam jok motor. Sebab parfum adalah barang yang mudah menguap. Dan, kebanyakan, parfum juga dicampur dengan alkohol yang relatif mudah terbakar. Hal tersebut dapat memicu bensin yang ada di motor memercikkan api.

Peralatan make up

Kebiasaan lain yang berbahaya adalah menaruh alat make–up seperti foundation, compact powder, sunscreen, eyeshadow, dan lainnya ke dalam jok motor.

Panasnya motor dapat membuat membuat peralatan make up meleleh, dan dapat meluber ke dalam mesin sehingga dapat menimbulkan kerak (jika make up tidak ditaruh dalam pouch). Bahan kimia pada make up dapat merusak motor jika tidak sengaja masuk ke mesin.

Buah–buahan dan sayur–mayur

Biasanya ibu–ibu kalau habis belanja, selalu menaruh barang belanjaan ke dalam jok motor. Padahal, jika motor dalam keadaan menyala suhunya bisa mencapai 36 derajat hingga lebih.

Panas dalam jok motor bisa mengurai buah–buahan, sayur–mayur, coklat, es krim, yoghurt dan lainnya. Hal tersebut dapat menurunkan kualitas bahan makanan.

Jas hujan basah

Jas hujan dalam kedaan basah sebaiknya jangan ditaruh di jok motor. Terutama yang berbahan polyester dan gore tech. Hal tersebut menyebabkan jas hujan menjadi cepat rusak.

Aninda Eka Rahayu