blank
Sebanyak 81 calon wisudawan ikuti pelepasan calon wisudawan ke-66 Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) di Hotel Grasia, Semarang, pada 24 September 2023.(Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 81 calon wisudawan ikuti pelepasan calon wisudawan ke-66 Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) di Hotel Grasia, Semarang, pada 24 September 2023.

Kegiatan itu dihadiri antara lain Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Ketua Senat FTP USM Ir Adi Sampurno MSi, Dekan FTP USM Prof Dr Ir Haslina MSi, Kepala Program Studi Teknologi Hasil Pangan (THP) USM Ir Sri Haryati MSi, dan mantan Wakil Rektor III USM Dr Iswoyo SPt MP.

Dalam sambutannya, Dekan FTP USM Prof Dr Ir Haslina MSi mengapresiasi calon wisudawan beserta orang tua maupun keluarga yang telah gigih menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Hari ini mereka (calon wisudawan) telah menyelesaikan pendidikan formal dengan mengikuti perjalanan panjang yang penuh suka duka dan bermacam dinamika tetapi pasti ada hikmahnya,” katanya.

Dia mengatakan, pihaknya cukup bersedih tetapi juga bangga akan kelulusan calon wisudawan.

“Saya berterima kasih kepada dosen dan staf FTP USM yang telah menghantarkan mereka menuju kelulusan. Kami mendukung dan mendoakan para calon wisudawan supaya sukses baik dalam karir maupun rumah tangga,” ungkapnya.

Prof Haslina berpesan, calon wisudawan terus semangat berkarya, rendah hati disiplin, berkomitmen, berintegrasi, menjaga norma-norma sosial, menjaga etika dan menjaga nama baik almamater FTP USM.

“Semoga para calon wisudawan dapat berkontribusi, menjaga bersilaturahmi bersama kami, bersama membesarkan nama baik FTP USM sehingga FTP USM akan berkembang semakin maju dalam waktu ke depan,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I USM Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP mengatakan, pada periode ini FTP USM mengalami kenaikan drastis mengenai waktu ketepatan lulus.

“Dari 83 calon wisudawan, terdapat 48 calon wisudawan yang lulus tepat waktu atau 58%. Angka yang naik drastis dari semester gasal lalu yang hanya 8%. Terima kasih atas kerja keras jurusan FTP mendukung mahasiswanya agar lulus tepat waktu,” ungkapnya.

Menurutnya, kelulusan ini merupakan tahap awal bagi calon wisudawan untuk menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

“Jangan puas dengan apa yang didapatkan selama perkuliahan, bekali diri anda dengan kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Silahkan tambah kompetensi lain yang dirasa kurang kuat, hal itu akan membawa kepercayaan diri menjadi lebih kuat dan dapat bersaing dengan orang lain,” tuturnya.

Diakhir sambutannya, Prof Budi (sapaannya) menutup dengan sebuah pantun. “Pergi ke ladang mencari sayuran, Indonesia kaya dengan hasil pertanian, lelah belajar kini tergantikan, selamat untuk wisudawan teknologi hasil pertanian,” pungkasnya.

Muhaimin