Joglo Doplang, salah satu daya tarik di Rahtawau, lereng Gunung Muria. Foto: Nativeindonesia

GUNUNG Muria, sebuah gunung yang sangat dikenal, terlebih dikaitkan dengan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Muria. Bicara tentang Gunung Muria tentu tak bisa lepas dari Kabupaten Kudus selain Kabupaten Pati yang juga memangku wilayah ini.

Ada suatu tempat eksotik di lereng Gunung Muria, yaitu Rahtawu. Sebuah suasana gunung yang sejuk, di ketinggian 1.627 mdpl. Wisata Seribu Batu Semliro, Desa Rahtawu Kabupaten Kudus memiliki pemandangan yang menakjubkan, di lereng Gunung Muria.

Menurut cerita, Wukir Rahtawu merupakan tempat pertapaan Resi Manumayasa sampai Began Abiyoso yang merupakan leluhur Pandawa dan Kurawa. Menurut cerita babad dan purwa, konon leluhur Raja-Raja Jawa merupakan keturunan dinasti Bharata atau Shangyang.

Desa Wisata Rahtawu menonjol karena keindahan wisata alamnya yang memanggil orang untuk Kembali datang. Tempat ini asyik di buat nongkrong bersama teman, pasangan, bahkan untuk keluarga. memiliki keindahan alam pegunungan nan sejuk dan menyegarkan.

Memiliki suasana yang santai dan juga ditemani hembusan angin yang semilir. Serta memiliki keindahan alam pegunungan nan sejuk dan menyegarkan.

Hijaunya pegunungan Muria dan aliran sungai menjadikan tempat lokasi tersebut terasa sejuk untuk berkumpul bersama keluarga, saudara, kekasih bahkan rekan kerja.

Tugu Selamat Datang Desa Wisata Rahtawu. Foto: Penawisata.com

Lokasi di Desa Rahtawu berada di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Kudus menempuh jarak sekitar 23 km, jalannya dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil.

Jalan menuju desa wisata ini perlu berhati-hati karena jalurnya menanjak dan banyak kelokan yang cukup tajam, khas jalan daerah pegunungan. Maka pesannya, berhati-hatilah saat berkendara mendaki ke Rahtawu.

Daya Tarik Rahtawu

Salah satu daya tariknya adalah sensasi berenang di sungai. Air sejuk yang mengalir dari pegunungan dan melaju dan menyelip di bebatuan gunung yang besar. Di beberapa tempat, sungai ini menjadi spot – spot yang menarik bagi wisata.

Desa Wisata Rahtawu Kudus Jawa Tengah dikelilingi lembah hijau dengan perbukitan terjal.

Saat memasuki Desa Rahtawu, kamu akan disambut dengan gapura selamat datang. Tentunya kamu juga akan disambut dengan pemandangan alam yang indah.

Di sisi jalan terlihat tebing-tebing yang tinggi, sedangkan pada kanan jalan terdapat jurang yang cukup curam serta banyak deretan pegunungan.

Desa Wisata Rahtawu Kudus memiliki tempat pemandian alami. Di dalam lokasi tersebut kita dapat menikmati air yang dingin dengan sungai yang menyegarkan. Hal tersebut dikarenakan airnya yang begitu jernih dan juga bersih. Terdapat juga batu-batu yang akan menambah nuansa alam.

Disana juga terdapat aliran air terjun yang cukup deras dan turun dari atas tebing. Air terjun ini juga bisa dibilang merupakan air terjun yang unik karena memiliki beberapa tingkat berundak seperti tangga.

 

Terdapat sebuah tempat kubangan air yang kerap digunakan wisatwan untuk tempat berenang.

Air Terjun tersebut selain dimanfaatkan untuk wisata alam, juga dimanfaatkan oleh para petani sekitar sebagai salah satu irigasi yang berfungsi untuk mengairi sawah agar tetap subur sepanjang musim.

Destinasi Wisata Rahtawu

Seribu Batu Semliro  

Seribu Tangga Semliro atau Seribu Batu Semliro yang merupakan tempat nongkrong asyik di ketinggian dengan pemandangan yang indah dan sangat asri. Harga makanannya juga terjangkau dengan menu makanan yang cukup beragam.

Selain tempat nongkrong yang asyik, Seribu Tangga Semliro juga dijadikan lokasi untuk hunting foto yang instagramable dan kekinian tentunya.

Tempat wisata Rahtawu yang satu ini baru diresmikan pada tahun 2019 kemarin, dan menjadi lokasi yang sering dikunjungi di akhir pekan atau hari libur. Untuk kamu yang suka minum kopi, bisa nyobain nih ngopi dengan view keren serta udara yang sejuk.

Seribu Tangga Semliro beroperasional setiap hari Senin hingga Minggu dan buka mulai 07.30 sampai 19.00 WIB.

Joglo Dopang merupakan tempat wisata Rahtawu yang memiliki area kolam renang dan airnya berasal dari mata air pegunungan. Sehingga kolamnya terhindar dari bau kaporit dan juga airnya sangat bersih dan jernih.

Selain itu juga memiliki suasana alam yang mempesona, sehingga dapat menjadi spot foto menarik dengan berlatarkan alamnya yang indah. Joglo Dopang juga terkenal sebagai sebuah restoran atau tempat makan yang pantas diampiri.

Jam buka Joglo Dopang mulai pagi hari hingga sore hari dengan biaya tiket masuk hanya sebesar Rp10.000 per orang.

Pemandian Alami Rahtawu

Pemandian Alami Rahtawu terdiri dari Kali Pethuk dan Kali Tempur, merupakan tempat wisata Kudus yang menawarkan pengunjung untuk bermain air di aliran sungai yang bersih.

Seribu Batu Semliro, kawasan Rahtawu, Kudus,. Foto: Jowonews

Selain bermain air di sungai atau kalinya, kamu juga dapat berenang di kolam renang yang sudah disediakan. Mandi di aliran sungai Kali Pethuk merupakan pengalaman yang seru apalagi untuk anak-anak, dijamin mereka bakalan betah dan nggak mau pulang.

Tiket masuknya cukup dengan membayar parkir saja, yakni Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Jika perut sudah mulai lapar, tinggal menuju warung makan yang ada di sekitar Kali Pethuk.

Lokasi Pemandian Alami Rahtawu sangat dekat dari Air Terjun Kali Banteng, hanya sekitar 100 meter saja. Jadi, kamu dapat mengunjungi tiga wisata yang berbeda dalam satu waktu.

Omah Dongkas merupakan tempat makan yang nyaman pada Desa Rahtawu dan kita juga bisa duduk lesehan. Menu makanan pasa Omah Dongkas juga beragam mulai dari gorengan hingga makanan berat ada semua.

Kalian juga dapat memancing, berenang hingga bermain air dalam aliran sungai yang berada pada area bawah. Omah Dongkas buka setiap hari Selasa hingga Minggu dan untuk hari Senin tutup, beroperasi dari pagi hingga malam hari.

Air Terjun Kali Banteng

Destinasi wisata selanjutnya pada Desa Wisata Rahtawu adalah sebuah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20meter yang masih asri.  Tempat ini adalah sebuah air terjun recommended pada Desa Rahtawu, Kecamatan Dawe.

Lokasinya berada pada lereng Gunung Muria dan tempatnya enak untuk kita jadikan lokasi wisata keluarga. Walaupun untuk menuju air terjunnya harus menapaki beberapa anak tangga dan jarak dari area parkir kendaraan sekitar 50 meter.

Untuk menikmati bermain Air Terjun Kali Banteng kalian hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Dinita Charissa Ludviana – Mg