Seorang ibu menjual buah parijatha di antara dagangan yang lain, di kompleks makam Sunan Muria, Colo, Kudus. Foto: Widiyartono R.

PARIJATHA (Medinilla speciosa)  adalah tanaman perdu dengan buah berwarna eksotik. Parijatha (dibaca: parijotho) salah satu tanaman budi daya yang paling terkenal di Kawasan Gunung Muria Kabupaten Kudus.

Parijatha lebih banyak ditemukan diitemukan di dataran lebih tinggi dibantingkan di dataran rendah. Buah parijatha yang tumbuh di dataran rendah tidak dapat menghasilakan buah sebaik di dataran tinggi.

Mungkin buah parijatha belum begitu familier pada beberapa orang. Buah yang sekilas mirip anggur ini ternyata memiliki khasiat tersembunyi, misalnya untuk kesehatan.

Buah parijatha berukuran kecil dan bulat, tumbuh berkelompok pada batang yang tebal dan berserat. Kulit buahnya kencang, halus dan matang warnanya merah jambu sampai merah ungu cerah dan batangnya juga berwarna merah jambu cerah, serta memiliki kulit yang halus. Buah parijatha renyah pada saat dikunyah, lembut, dan sedikit mempunyai rasa asam dan manis.

Tanaman perdu epifit dengan tinggi 0, 45 – 1,2 meter ini merupakan tumbuhan yang selalu hijau dengan batang dan cabang kayu berwarna hijau. Daunnya berbentuk hijau dengan ujungnya runcing dan tulang daunya melengkung.

Selain buahnya, daunnya berbentuk lenset, dengan diameter rata – rata 15 cm, dan memiliki warnya hijau tua dengan tekstur kasar dan urat menonjol.

Buahnya tersusun dalam malai besar dengan masing – masing buah berukuran kecil dan bulat. Buah yang masih mudah akan berwarna merah muda, namun setelah dimasak akan berubah warna merah keunguan.

Jika tanaman ini ditanam dalam wadah, tanaman harus disimpan dalam cahaya yang disaring setelah tanam, mungkin dengan sedikit sinar matahari pagi, selama beberapa minggu hingga sampai menjadi aklimatisasi.

Buah parijatha sering digunakan untuk mengobati sariawan, dapat dipercaya mencegah kanker dan bisa meningkatan  kesuburan. Bahkan mitosnya, jika ibu hamil ruting mengonsumsi buah ini, maka akan yang dilahirkan akan memiliki paras yang tampan atau cantik.

Buah parijatha yang juga dikenal dengan nama Medinilla speciosa konon dipercaya memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal.

Mengatasi Sariawan

Buah parijatha banyak dikonsumsi masyarakat karena dipercaya dapat mengatas sariawan.

Buah parijatha sudah lama dimanfaatkan untuk mengobati sariawan, terutama yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Hal ini dikarenakan sifat antibakteri pada buah parijatha dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab sariawan, sehingga sariawan jadi lebih cepat sembuh.

Bagaiamana cara menggunakannya buah parijatha sebagai obat sariawan, Cukup ambil buah 4 atau 6 gram buah parijatha yang sudah dicuci bersih. Kemudian tumbuk halus dan larutkan dalam 100 ml air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak dua kali sehari, hingga sariawan hilang.

Manfaat buah parijatha selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan para ahli, Parijatha fapat membantu menurunkan kadar trigliserida secara bertahap.

Trigliserida adalah lemak yang ditemukan dalam darah karena tinggi kadar karbohidrat.

Asupan karbohidrat yang berlebihan akan diolah tubuh menjadi trigliserida untuk menyimpan energi cadangan.

Namun, kadar trigliserida yang terlalu tinggi berkaitan dengan risiko penyakit arteri koroner.

Untuk mengetahui manfaat dan efek samping buah parijatha bagi kondisi Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Menjadikan Keturunan Ganteng Dan Cantik

Khasiat buah parijatha dapat dipercaya mempunyai manfaat yang banyak saat dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satunya, anak yang akan dilahirkan oleh sang ibu akan tumbuh menjadi anak yang ganteng ataupun cantik.

Belum ada penjelasan ilmiah mengenai hal ini namun penduduk setempat percaya khasiat pada buah parijatha ini.

Selain itu buah parijatha juga sangat bermanfaat dalam menjaga kondisi fisik bayi dalam kandungan. Hal ini yang dapat membuat calon buah hati akan memiliki paras cantik atau tampan.

Percaya atau tidak ada salahnya, jika mencoba untuk mengkomsumsi buah parijatha ini.

Meredakan Diare

Kita sering mendengar bahwa ketika sedang diare sebaiknya kita menghindari konsumsi makan sayur dan buah. Tentu saja hal ini tidak sepenuhnya benar. Kamu dapat mengkomsumsi buah dalam jumlah yang wajar.

Buha parijatha merupakan buah yang sangat bisa membantu kamu mengatasi masalah diare.

Buah ini mengandung bahan antibakteri yang dipercaya dapat mempercepat penyembuhan. Kandungan airnya dapat mencegah kamu dalam mengalami dehidrasi saat diare.

Caranya, ambil 15 hingga 20 gram daun parijatha sedar dan cuci terlebih dahulu.

Buah parijatha dan minuman sirup buah parijatha. Foto: Widiyartono R.

Kemudian rebus dengan 450 ml air hingga mendidih selama kurang lebih 15 – 20 menit. Saring airnya, biarkan dingin dan minum sebanyak dua kali sehari pada pagi dan sore.

Menambah Nutrisi Ibu Hamil

Penelitian ilmiah terhadap buah parijatha  menunjukkan bahwa buah ini mengandung saponin, flavonida, kardenolin, dan tanin. Khasiat buah parijatha sangat baik untuk penambah nutrisi bagi ibu hamil. Yang sudah para bunda ketahui manfaatnya secara umum ialah buah ini dikonsumsi oleh ibu hamil setelah usia kandungan memasuki lima bulan teratas. Namun bisa juga dikonsumsi pada usia kehamilan dua hingga tiga bulan.

Menjaga Daya Tahan Ibu Hamil

Manfaat buah parijatha mengandung antioksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin. Flavonoid memiliki manfaat antara lain untuk menghambat penyebaran tumor, mengambat pertumbuhan sel kanker, dan penyakit yang menyerang sistemkekebalan tubuh atau disebut dengan imun.

Seorang ibu hamil sangat rentan terserang berbagai penyakit akibat sistem kekebalan tubuhnya yang melemah.

Guna meningkatkan lagi peran sistem kekebalan tubuh untuk melindungi ibu hamil dan kandungannya dari serangan penyakit, mengonsumsi buah parijatha adalah salah satu menjadi solusinya.

Itulah sebabnya salah satu manfaat buah parijatha adalah sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Penyakit kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel tubuh yang dipicu oleh radikal bebas. Oleh karena manfaat buah parijatha adalah untuk menangkal radikal bebas, maka secara tidak langsung turut menghasilkan khasiat buah parijatha dalam mencegah berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil yang berusia muda saat hamil rentan terkena penyakit tersebut. Khasiat  buah parijatha mengandung antioksidan alami yang mampu mencegah berbagai penyakit.

Mongkonsumsi buah parijatha secara rutin akan mengoptimalkan kesehatan ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit.

Dinita Charissa Ludviana – Mg