blank
BBPJT memberikan penghargaan Prasidatama kepada pengguna bahasa Indonesia dan karya sastra terbaik di Jawa Tengah. Foto: Dok/BBPJT

PEKALONGAN (SUARABARU.ID) – Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT) kembali memberikan penghargaan Prasidatama kepada pengguna bahasa Indonesia dan karya sastra terbaik di Jawa Tengah, Senin (25/9/2023).

Sedikit berbeda dengan sebelumnya, tahun ini penghargaan juga diberikan kepada tokoh bahasa dan sastra Indonesia terbaik di Jawa Tengah.

Penganugerahan yang diselenggarakan di Hotel Nirwana, Pekalongan ini dihadiri Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Prof. E. Aminudin Aziz.

Aminudin Aziz mengatakan, Badan Bahasa beserta Balai dan Kantor Bahasa diberi amanat untuk melakukan pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra Indonesia.

Fokus program Badan Bahasa hanya tiga, yakni literasi, pelindungan bahasa dan sastra daerah, serta melakukan penginternasionalan bahasa Indonesia.

“Penghargaan ini tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan karya bapak ibu sastrawan dan kerja keras para pemangku kepentingan di sekolah, kampus, dan instansi dalam pembinaan bahasa dan sastra,” ujarnya.

Menurutnya, untuk tahun-tahun yang akan datang, pihaknya ingin membawa karya sastra lokal ke ajang dunia sehingga mereka dapat berkarya lebih baik lagi.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Syarifuddin mengatakan, penghargaan Prasidatama ini diharapkan menjadi simbol komitmen Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah sebagai instansi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan nasional di bidang kebahasaan dan kesastraan di Jawa Tengah.

“Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah akan tetap mengawal peningkatan mutu kebahasaan dan kesastraan, serta pemakaian dan apresiasinya, dan juga peran bahasa dan sastra dalam membangun ekosistem pendidikan dan kebudayaan. Kami juga mengajak keterlibatan para pemangku kepentingan dalam upaya pengembangan, pembinaan, dan pelindungan bahasa dan sastra,” kata Syarifuddin.