Air tejun Songgo Langit. Foto : mytrip123.com

MENGHABISKAN waktu luang dengan berjalan-jalan dan menjelajahi keindahan alam memang sangat mengasyikkan. Mendekatkan diri dalam alam untuk merasakan semua keindahannya adalah pengalaman yang istimewa.

Untuk merelaksasi diri dan menyegarkan pikiran, berkunjung ke air terjun adalah pilihan yang sangat menarik dan akan meninggalkan kesan yang mendalam.

Sama halnya saat kita berada di Air Terjun Songgo Langit, yang masih mempertahankan keindahan alamnya yang alami. Pemandangan yang hijau dan lebat berkat banyaknya pepohonan di sekitarnya menciptakan suasana yang menenangkan.

Air Terjun Songgo Langit ini berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota memang lumayan jauh, karena anda harus menempuh jarak sekitar 35 kilometer.

Air Terjun Songgo Langit memiliki tinggi 80 meter dan lebar dua meter. Air terju ini merupakan air terjun terbesar di lereng Gunung Muria. Nama “Air Terjun Songgo Langit” diberikan karena jika Anda melihatnya dari bawah tebing, bentuk air terjun ini seperti menyangga langit yang ada di atasnya. Menurut cerita, mandi dan mencuci wajah dengan air dari air terjun ini diyakini dapat menjadikan seseorang awet muda.

Selain keindahannya, Air Terjun Songgo Langit juga memiliki cerita legenda dan mistis yang menjadi bagian tak terpisahkan. Ada satu cerita yang merupakan legenda dari Air Terjun Songgo Langit.

Cerita ini berkisah tentang laki-laki yang berasal Desa Tunahan dan wanita berasal dari Desa Blucu saling merajut kasih hingga berujung ke pelaminan. Pada adat dulu, laki-laki yang melamar wanita maka ia akan membawakan perabotan dapur lengkap serta hewan peliharaan.

Setelah mereka menikah dan hidup bersama, suatu ketika sang istri bangun  pagi seperti biasa dan hendak ke dapur untuk menyiapkan sarapan. Namun karena kurang hati-hati, ia menyenggol peralatan dapur sehingga menimbulkan kegaduhan. Ibu sang istri pun memperingatkan anaknya agar tidak gaduh karena bisa membangunkan si suaminya itu.

Pembicaraan ini ternyata didengar salah oleh si suami karena ia menangkap bahwa sang mertua tidak suka istrinya gaduh dengan peralatan dapur milik mertua, hingga akhirnya si suami tersinggung dan mengajak sang istri pergi dari rumah untuk pergi ke rumah di mana si suami berasal.

Karena perjalanan ini pagi buta, pedati kuda yang mengakut suami-istri ini tersesat lalu masuk jurang yang sangat dalam.  Dan jurang tersebut kini bernama Air Terjun Songgo Langit.

Anda tidak perlu khawatir tentang pengeluaran berlebih ketika mengunjungi Air Terjun Songgo Langit. Ini karena harga tiket masuk ke objek wisata di Jepara ini sangat terjangkau. Bayangkan saja, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saat hari libur dan Rp 2.000 saat hari biasa Anda bisa menikmati pemandagan yang indah tanpa perlu khawatir tentang biaya yang mahal. Hampir tidak ada biaya tambahan yang dibutuhkan, kecuali parkir tentunya.

Anda bisa kapan pun datang untuk berwisata bahagia ke Air Terjun Songgo Langit di Jepara. Namun tentunya akan sangat lebih menarik jika anda berkunjung kesini pada saat hari masih cerah agar lebih maksimal.

Daya tarik utama bagi setiap pengunjung yang datang ke Air Terjun Songgo Langit adalah keindahan alam yang memukau. Arus air terjun yang deras memberikan kesegaran yang luar biasa karena kejernihan airnya yang tak tertandingi.

Disertai dengan pemandangan sekitar yang begitu hijau dan alami, pengalaman ini akan memanjakan mata banyak wisatawan. Semua sensasi ini dapat Anda nikmati ketika memilih Songgo Langit sebagai tujuan rekreasi Anda.

Wisata alam Air Terjun Songgo Langit ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas menarik. Di antaranya area parkir memadai, kamar mandi/MCK, musala, fasilitas air bersih, warung wisata, permainan ayunan, tempat sampah, gazebo, bangku/kursi, spot foto menarik.

Nikmati kesegaran alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Songgo Langit Jepara untuk meredakan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Rasakan pesonanya bersama orang yang Anda cintai sambil menikmati kecantikan alam dan fasilitas yang tersedia di sana.

Kholifatun Maulintia Fajriati-mg