April Firman Daru meraih gelar doktor dalam yudisium Prodi DIK, Selasa (19-09-2023). Fot: Humas UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Program Studi (Prodi) Doktor Ilmu Komputer (DIK) Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) melahirkan lulusan kedua dan ketiga dalam gelaran Yudisium Prodi DIK, Selasa (19/09/2023).

Lulusan tersebut yaitu Paminto Agung Christianto dan April Firman Daru. Keduanya menyandang gelar doktornya dengan predikat terpuji atau cumlaude.

Bertempat di ruang Auditorium Ds. S. Djojodihardjo, FTI, gelaran yudisium dipimpin oleh Dekan FTI Prof. Ir. Daniel H.F. Manongga, M.Sc., Ph.D. Dalam yudisium ini, Paminto Agung Christianto dan April Firman Daru memaparkan hasil penelitiannya di hadapan promotor, ko-promotor, penguji, serta hadirin.

Dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom., Paminto Agung Christianto mengajukan hasil penelitian berjudul “Modifikasi Case-Based Reasoning untuk Sistem Cerdas Penanganan Keluhan Pasien Program Bayi Tabung”. Dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat kecemasan pasien program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF), penelitiannya memodifikasi model Case-Based Reasoning (CBR) sehingga menjadi model baru yang mendukung sistem cerdas penanganan keluhan pasien IVF untuk menghasilkan rekomendasi yang akurat.