blank
MELANTIK - Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono melantik Drg Agus Sulistyantono sebagai Sekda Kota Tegal. (Foto: Sutrisno)
TEGAL (SUARABARU.ID) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Drg Agus Sulistyantono MM resmi jabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal. Agus dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Walikota Tegal, Dedy Yon Supriono, SE, MM di Pendopo Ki Gede Sebayu, Kamis (21/9/2023).
Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, proses seleksi sudah dilaksanakan sesuai mekanisme dengan melibatkan panitia seleksi, baik dari birokrat, profesional dan akademisi. Setelah melalui beberapa tahapan, panitia seleksi merekomendasikan tiga calon untuk diteruskan melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).
“Penetapan Sekda definitif ini diharapkan bisa membantu menyelesaikan tugas-tugas pemerintah daerah kedepan. Karena Sekda punya peran yang sangat strategis dan penting,” katanya.
Dedy Yon berpesan, Sekda harus bisa menerjemahkan rencana strategis yang telah disusun dan menjabarkannya secara konkrit dalam pelaksanaan tupoksi.
Tugas Sekda salahsatunya membantu Wali Kota Tegal di pemerintahan maupun masyarakat, mekoordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing supaya menjadi kolaborasi.
“Seperti bagaimana kita menciptakan suasana berakhlak yaitu berorentasi pada pelayanan model akuntabel, harmonis, loyal, kolaboratif dan adaptif sehingga kita harapkan bisa menjadikan sebagai super tim. Bagaimana tidak menjadi superman tapi menjadi super tim,” kata Drg Agus usai dilantik.
Menghadapi tahun politik Drg Agus berharap kehadirannya sebagai Sekda ingin menciptakan suasana yang harmonis ditengah kompetisi sesuai yang menjadi target, dan menciptakan iklim yang demokratis, disiplin, bersih, dan tentu bagaimana mewujudkan Kota Tegal sebagai kota yang sejahtera.
“Dalam pesta demokrasi mendatang kita akan bahu-membahu merangkul bersama semua komponen bahwa itu adalah pesta demokrasi. Gagasan ASN adalah salahsatu tumpuan utama kita dalam menjalankan pesta demokrasi,” ujarnya.
Sekretaris DPRD Kota Tegal Herviyanto Gunarso Wisnu Purbo SIP M.Si merupakan salahsatu kandidat pada seleksi Sekda menyampaikan selamat atas dilantiknya Drg Agus sebagai Sekda Kota Tegal.
“Saya memberi apresiasi langkah-langkah Pemerintah Kota Tegal yang sudah membuat dan melaksanakan sebuah kompetisi secara terbuka, secara transparan dan seluruh seleksinya adalah seleksi yang fair,” terang Hervi.
Hervi menganggap proses seleksi Sekda merupakan proses yang obyektif sehingga apapun adalah sebuah kompetisi yang fair.
Hervi berharap, kompetisi-kompetisi seperti ini selalu dibangun ditingkat Pegawai Negeri Sipil (PNS) sehingga ditemukan Sumber Data Manusia (SDM) yang mumpuni. “Ada sistim-sistim yang dibangun agar kompetitif antar PNS bisa berjalan sehingga memudahkan pimpinan untuk mencari, menempatkan personil dalam konteks pada tugas dan fungsinya,” tutup Hervi.
Jabatan Sekda definitif sebelumnya sempat kosong selama setahun, sejak Juli 2022. Drg Agus saat ini masih menjabat Direktur RSUD Kardinah dan Ketua PMI Kota Tegal terpilih setelah melalui seleksi terbuka dan kompetitif pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekda Kota Tegal 2023.
Sutrisno